18 July 2014

by Bambang Winarso

Fokus ke Windows Phone, Microsoft Akan Pensiunkan Nokia X Android

Microsoft merilis pengumuman terbaru yang mengindikasikan rencana perusahaan untuk lebih fokus ke platform Windows Phone, yang artinya akan mengeliminasi sistem operasi lain dari portfolio mereka. Dalam implementasinya, Microsoft berencana menghentikan Nokia X Android dan mengalihkannya ke Windows Phone.

Nokia X dan XL merupakan dua smartphone Android yang lahir tatkala Nokia masih membawa panji 'Nokia' sendiri. Sementara Nokia X2 yang dirilis bulan lalu bisa dibilang dilahirkan di masa-masa transisi dari Nokia ke Microsoft. Nokia boleh saja mencoba sistem operasi Android ke perangkat mereka, namun tampaknya Microsoft memiliki pemikiran yang berbeda seperti yang diutarakan oleh Stephen Elop dalam pesan elektronik untuk para pekerja

"Terdapat tambahan ke potfolio yang sudah direncanakan, kami berencana untuk menghantarkan perangkat terjangkau baru dengan mengubah mengubah desain dan produk perangkat terbaru Nokia X tertentu ke perangkat Windows Phone. Perubahan ini diharapkan dapat dilakukan dengan segera sambil tetap menjual perangkat dan memberikan dukungan atas perangkat Nokia X yang masih ada."

 

Info Menarik: 3 Aplikasi Edit Foto Online Gratis Pilihan

 

Dengan begitu maka berakhir sudah petulangan Nokia X dan X2 Android, satu-satunya seri model smartphone Nokia yang menggunakan sistem operasi Android. Padahal perangkat ini tampak memberikan prospek yang cukup apik, kendati belum ada pengumuman resmi berapa angka penjualan yang berhasil dicatatkan oleh model Nokia X Android.

Meski mengejutkan, namun keputusan Microsoft untuk menghentikan perangkat berbasis Android tidaklah mengherankan mengingat sistem operasi besutan Google tersebut tidak mewakili misi dan visi Microsoft. Entah bagaimana, Android memang sepertinya tak cocok dipadukan dengan perangkat buatan Microsoft meski untuk seri Nokia X telah dilakukan 'integrasi' dengan menghadirkan ciri-ciri dari Windows Phone . Fakta bahwa Microsoft mempunyai sistem operasi sendiri disinyalir jadi salah satu alasan paling besar di balik keputusan ini.

Selain menghentikan pengembangan smartphone berbasis Android, Microsoft juga memastikan akan terus mendorong pertumbuhan platform Windows Phone dengan menawarkan perangkat Lumia dengan banderol yang lebih terjangkau. Elop berkeyakinan bahwa segmen low end mempunyai prospek dan kemampuan untuk berkembang yang lebih baik.

Jadi, bagaimana pendapat sobat Trenogoers mendengar kabar Nokia X akan menggunakan OS Windows Phone, masih minat untuk membeli?

Sumber berita Theverge, Techcrunch dan gambar header ConversationsNokia.