Categories

Berita

foodpanda Indonesia Segera Berikan Fasilitas Mobile Payment

Adjie Priambada - 5 December 2014

Layanan pengiriman makanan online foodpanda Indonesia baru saja mengumumkan secara resmi melalui rilis persnya bahwa mereka akan mendukung fasilitas mobile payment melalui TCash, Indosat Dompetku, dan E-Cash Mandiri. Isu sistem pembayaran online sudah pernah kami bahas sebelumnya dan foodpanda akhirnya merealisasikan satu-satu persatu, termasuk melalui perangkat mobile.

Masyarakat Indonesia memang lebih banyak menghabiskan waktu dengan perangkat mobile mereka saat ini hingga 5,5 jam sehari. Bahkan berdasarkan data yang dikumpulkan dari American Chamber of Commerce (Amcham), Indonesia merupakan pasar ponsel terbesar keempat di dunia yang diperkirakan akan mencapai penetrasi 130 persen terhadap total penduduk di tahun  2015.

Jika melihat data tersebut, wajar jika foodpanda mengambil langkah untuk mendukung pembayaran mobile, mengingat akses melalui perangkat mobile kini menjadi ujung tombak foodpanda. Pada awal November lalu mereka mengumumkan bahwa aplikasi mobile-nya telah berhasil menyentuh angka lima juta unduhan di seluruh dunia. Saat ini foodpanda Indonesia telah memiliki lebih dari 600 partner restoran yang terletak di kota-kota besar, seperti Jabodetabek, Bandung, Bali, Medan, dan Makassar.

Terkait dengan sistem mobile payment yang akan didukung oleh foodpanda, mobile wallet Telkomsel TCash mengklaim memiliki 15 juta pengguna terdaftar dan telah bekerjasama dengan 700 merchant. Dompetku dari Indosat sendiri sudah digunakan oleh satu juta pengguna, dengan 15 rekanan online dan 20 ribu offline merchant, termasuk di dalamnya jaringan Indomaret dan Alfamart.

Sedangkan E-Cash Mandiri yang diluncurkan tahun lalu, telah bekerja sama dengan berbagai layanan e-commerce sebagai alat pembayaran. Pihak pemerintah juga telah memanfaatkan layanan ini sebagai bantuan keuangan digital. Sebelumnya, Mandiri E-Cash yang mendukung Layanan Keuangan Digital (LKD) ini juga telah membantu penyaluran dana bantuan untuk korban bencana di Sinabung.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter