Dark
Light

Foto-Foto HTC 8X dan 8S, Serta Kesan Awal Pengalaman Menggunakan Pertama Kali

by
3 mins read
November 6, 2012

HTC tengah mempersiapkan peluncuran ponsel terbaru mereka yang berbasis Windows Phone 8, HTC 8X dan HTC 8S di Indonesia. Dalam persiapan ini Trenologi berkesempatan untuk diundang di acara gathering pre-launch hari kemarin di kantor Microsoft. Berikut beberapa foto produk tersebut, info spesifikasi perangkat serta pengalaman penggunaan awal kedua ponsel ini.

Kesan pertama ketika mencoba smartphone HTC 8X adalah genggaman. Ponsel ini sangat nyaman ketika digenggam, ketipisan serta bahan polycarbonate yang membungkus body ponsel ini menjadikan kesan pertama atas perangkat ini begitu menyenangkan.

Lekukan khas HTC bisa jadi mengingatkan akan beberapa ponsel HTC kelas atas lainnya, tetapi ponsel ini dikatakan adalah ponsel tertipis dan teringan dari HTC, tentunya dengan sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows Phone 8.

HTC 8X menyediakan spesifikasi prosesor Qualcomm S4 1.5 GHz, Dual-core dengan ruang penyimpanan 16 GB dan RAM 1GB. Layar sentuh 4.3 inci dengan Gorilla Glass 2, membuatnya cukup lebar dengan tampilan yang layar yang jelas, salah satunya ketika mengambil foto.

HTC 8X

HTC 8X memiliki berat 130 gram, resolusi HD 720p. Tipe ini memiliki kamera depan 2.1 megapixel, 1080p rekaman video, F2.0 aperture serta fasilitas ultra wide angle. Fitur wide angle ini cukup membantu terutama ketika kita ingin memfoto diri sendiri namun latar belakang ingin ditampilkan. Setelah mencobanya, fasilitas wide angle mampu menangkap latar yang luas dengan cukup baik.

Kamera belakang HTC 8X dilengkapi 8 megapixel autofocus, LED flash, BSI sensor, F2.0 aperture dan lensa 28 serta 1080p untuk rekaman video. Ukuran ponsel ini 132.35 x 66.2 x 10.12 mm. Terdapat internal antena GPS, bisa untuk NFC, memiliki 3.5 mm stereo audio jack, Bluetooth 3.1, Wi-Fi: IEEE 802.11 a/b/g/n. Ponsel ini dilengkapi oleh Beast Audio, yang sayangnya tidak sempat di test kemarin karena tidak ada file musik dalam ponsel yang dibawa. Baterai juga diklaim tahan cukup lama.

Saat memfoto dengan kamera depan hasilnya cukup menyenangkan, tajam serta bright yang didapatkan juga cukup baik. Sayangnya belum sempat mencoba lebih jauh kamera di HTC 8X ini termasuk beberapa fitur tambahan lagi dari sistem pengaturan kamera di WP8 (nonhardware) karena microsoft menyediakan beberapa fasilitas tambahan untuk hal ini.

Waktu yang disediakan kemarin juga cukup singkat dan memang waktu untuk mencoba tidak cukup lama, artinya belum sempat menjelajah banyak hal yang berhubungan dengan sistem operasi, aplikasi dan beberapa hal lain. Namun ada beberapa fitur yang baru diluncurkan di WP8 yang juga didemokan, seperti Kids Corner dan Room.

Keduanya merupakan salah satu fitur yang cukup menarik, Kids Corner ini cocok bagi orang tua yang memiliki anak yang memang gemar menggunakan ponsel orang tua mereka (mungkin karena mereka belum memiliki sendiri) atau bisa juga digunakan semacam akses tamu bagi teman atau relasi yang ingin mencoba ponsel WP 8, agar aplikasi private lain tidak bisa diakses. Untuk Room berguna untuk saling kontak antar relasi dekat.

Live Tiles yang bisa di ubah ukurannya serta fitur yang memungkinkan kita untuk memperbesar ukuran dengan melakukan tap dua jari juga menjadi beberapa kelebihan yang ditawarkan WP 8 (fitur ini harus diaktifkan dan bisa ditemukan di menu pengaturan).

Sistem operasi ini juga telah mendukung fasilitas screenshot dan USSD (menu akses layanan operator). Untuk screenshot, ini berita baik, terutama bagi pengguna yang sering melakukan review aplikasi, prosesnya juga mudah, tinggal menekan tanda ‘windows’ dan tombol untuk mengunci.

Sedangkan untuk HTC 8S, pengalaman pegangan yang disediakan hampir sama dengan HTC 8X, hanya saja ukuran yang lebih kecil, termasuk layar membuat menu tiles yang ditampilkan serasa penuh. Namun tentunya HTC 8S ini pilihan yang ekonomis, dengan pengalaman yang hampir serupa dengan 8X namun dipastikan harga akan lebih murah.

HTC 8S

HTC 8S ini tidak memiliki kamera depan, tetapi memiliki slot untuk micro SD sebagai tambahan penyimpanan. 8S memiliki spesifikasi layar 4 inci super LCD touch screen, berat 113 gram dengan resolusi WVGA. Kamera belakang dilengkapi 5 megapixel auto LED flash, F2.8 aperture dan lensa 35 serta 720p untuk rekaman video. Ukuran ponsel ini 120.5 x 63 x 10.28 mm dengan prosesor Qualcomm S4 1GHz – Dual-core. Ruang penyimpanan 4 GB, tersedia slot micro SD dan RAM 512 GB. Internal GPS, 3.5 mm stereo audio jack, Bluetooth 3.1 dan Wi-Fi: IEEE 802.11 b/g/n.

Sayangnya kemarin tidak sempat mencoba lebih lama ponsel ini lebih jauh karena terpesona oleh HTC 8X. Hanya mencoba tampilan fisik serta akses sistem operasi beberapa saat. Kedua ponsel ini juga dilengkapi oleh kualitas suara oleh Beats, ini tentunya penawaran menarik bagi mereka yang suka dengan musik. Kerja sama ini tentunya tidak lepas dari saham sebesar 51% yang dimiliki HTC di Beats.

Hal yang paling ditunggu tentu saja harga, sayangnya dari acara kemarin pihak HTC belum bisa memberikan informasi tentang harga dari dua perangkat ini. Jadi kita harus menunggu sampai rilis resmi atau bahkan ketika para distributor menjual dua produk ini serta bundling yang ditawarkan dengan pihak operator, termasuk juga untuk kelengkapan warna, sepertinya yang akan masuk awal ke Indonesia adalah warna hitam, ungu untuk 8X serta merah untuk 8S.

Dari pengalaman mencoba pertama kali perangkat ini kesan pertamanya adalah menyenangkan, teruma untuk kesan dalam genggaman, berat ponsel serta tampilan layar yang dihasilkannya. Terus terang saya sendiri sangat ingin mencoba lebih jauh dan lebih lama performa dari kedua ponsel ini, mudah-mudahan ada kesempatannya. Karena saya sendiri belum mencoba melakukan rekaman video, mencoba memindahkan file ke laptop, akses WiFi serta sinyal panggilan dan SMS serta tentunya menjelajah serta mencoba aplikasi yang ada di Windows Store.

Aplikasi juga menjadi penting, meski telah memiliki 120.000 lebih aplikasi di Windows Store tentunya ini masih jauh dibandingkan aplikasi di platform lain. Microsoft juga mengatakan bahwa berbagai aplikasi populer juga akan hadir di Windows Store.

Faktor penting lainnya tentu saja harga, terutama karena HTC akan bersaing dengan Lumia 920 dan 820 dan Samsung Ativ, dua perusahaan ini aktif juga di Indonesia dan tidak akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pasar. Mari kita tunggu beberapa hari lagi, semoga di rilis dan pengenalan resmi HTC 8X dan 8S beberapa hari lagi, harga jual dua perangkat ini sudah tersedia untuk publik.

Informasi tentang spesifikasi juga bisa dilihat di halaman ini dan ini.

 

Thanks Dimas Novriandi atas bantuan untuk foto produk. 

Previous Story

WhatsApp Lewati Seratus Juta Unduhan di Google Play Store

Next Story

Telkomsel dan Samsung Sinergikan Pemasaran dan Penjualan

Latest from Blog

Don't Miss

Dampak AI Pada Transformasi Bisnis di Indonesia: TELKOM, BUMA, dan DANA Berbagi Pengalaman

Sadar akan potensi besar yang ada pada teknologi AI ini,

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan