17 December 2012

by wiku

Foto-Foto XOLO X900, Smartphone Asal India Dengan 'Intel Inside'

Dalam acara 'Intel Software Day' kemarin, Trenologi (TRL) berkesempatan untuk melihat smartphone XOLO, yang merupakan ponsel asal India dengan teknologi prosesor dari Intel. Sistem operasi dari smartphone ini adalah Android yang telah di update ke Ice Cream Sandwich (ICS).

Smartphone XOLO seri X900 sendiri telah diperkenalkan bulan April lalu di India dan telah dijual sejak tanggal 23 April 2013. Ponsel ini merupakan smartphone pertama berbasis Intel yang tersedia untuk pasar India. Menggunakan Intel Atom prosesor Z2460. Pada peluncurannya menggunakan OS Gingerbread namum bisa di update ke Ice Cream Sandwich. XOLO adalah produk kerja sama antara Intel Corporation dengan Lava International Ltd..

Meski hanya mencoba sebentar, namun cukup memberikan kesan pertama dalam penggunaan smartphone berbasis Intel ini. Kalau dari segi desain memang tidak sesolid smartphone Android premium. Di India ponsel ini dijual seharga INR 22000, yang jika dikonversikan dengan kurs rupiah, harganya akan cukup bersaing dengan produk menengah lain di Indonesia. Cukup ringan meski agak terkesan ringkih dari sisi bahan yang digunakan untuk body ponsel. Tombol power ada di atas, sedangkan volume dan shutter untuk mengambil foto ada di samping kanan.

Layar yang ditampilan cukup terang dan nyaman digunakan, pengalaman penggunaan juga cukup menyenangkan dan terasa smooth dan cepat, termasuk ketika mencoba beberapa aplikasi dan menutup atau switch ke menu awal. Foto yang dihasilkan, cukup baik meski ketika proses zoom, autofocus-nya tidak memberikan hasil yang baik.

Ponsel ini memang tidak akan masuk ke pasar Indonesia, setidaknya belum ada pengumuman resmi, namun dikabarkan Intel akan menyediakan perangkat smartphone lain yang akan masuki pasar Indonesia tahun depan.

Spesifikasi XOLO X900 ini memiliki layar 4.03 inci high resolution LCD Touch, teknologi Hyper Threading dan dukungan atas HSPA+ 3G connectivity dari Intel, lalu daya baterasi sampai 5 jam untuk 3G browsing dan 45 jam audio serta 8 jam talk time, kamera belakang 8 megapixel, prosesor 1.6 GHz Atom.

Berikut beberapa foto dari XOLO X900 yang menggunakan prosesor dari Intel.