1. Startup

Foursquare : Calon Fenomena Baru di Indonesia?

Sebuah fenomena baru yang belakangan saya perhatikan mulai bermunculan di timeline Twitter saya. Mulai banyak teman-teman yang beralih menggunakan 4square sebagai layanan location-based pilihan. Dari beberapa event yang diadakan beberapa minggu belakangan, terlihat bahwa jumlah pengguna 4square - terutama di kalangan influencer - semakin banyak.

Lalu bagaimana dengan layanan lokal kita, Koprol? Masihkah punya kesempatan?

Memang, fenomena ini saya lihat bukan karena preferensi layanan lokal / luar. Melainkan lebih ke fitur rewarding yang ada di 4square. Sebuah fakta yang hampir tak terbantahkan bahwa pengguna 4square suka sekali memperebutkan badge yang ada di layanan tersebut. Fitur ini pula yang masih menempatkan 4square sebagai pilihan jika dibandingkan dengan layanan luar serupa : brightkite dan gowalla.

Koprol, brightkite dan Gowalla memiliki kesamaan. Mereka masih kurang fitur yang membuat pengguna kembali menggunakan layanan mereka. Lack of reward. Fitur inilah yang harus segera dikembangkan oleh Koprol, i seriously don't care about Brightkite or Gowalla. Pendapat saya memang agak bias, karena saya lebih suka mendukung layanan lokal.

Koprol memang sedang mempersiapkan business platform yang kurang lebih akan menarik bagi pengunjung. Bisa dibilang sebagai bentuk reward juga, dan rewardnya lebih konkrit baik untuk pemilik bisnis maupun pengguna. Namun apakah cukup? Melihat dari popularitas 4square yang unggul karena reward fiktif/imajiner, seharusnya Koprol bisa kembali unggul untuk destinasi seperti mall, resto dan tempat lain yang berhubungan dengan pemilik bisnis.

Strategi yang secara konseptual cukup bagus untuk kembali mendongkrak user-user Koprol yang belakangan tidak aktif (i plead guilty). Saya juga sempat kepikiran, bisa juga Koprol mulai memfasilitasi universal check-in dimana pengguna cukup sekali check-in di 4square, gowalla dan brightkite melalui Koprol. Hanya ide saja sih, kelihatannya konsep yang cukup bagus.

Nah, bagaimana menurut anda? Apakah strategi Koprol ini mampu mengungguli 4square di Indonesia? Karena tingkat adopsi 4square di Indonesia sepertinya bertumbuh lumayan cepat, dan mungkin agak mengkhawatirkan untuk Koprol. Kami tunggu pendapat anda di kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again