1. Startup

Foursquare dan Deezer Tawarkan Insentif "Check In" di Konser Musik, Indonesia Satu-Satunya di Asia yang Mendapatkannya

Foursquare bekerja sama dengan Deezer menawarkan insentif bagi pengguna Foursquare untuk lebih sering melakukan check in di tempat konser musik yang didatanginya (live concert). Setelah check in di tujuh konser yang berbeda, pengguna Foursquare akan ditawarkan untuk berlangganan paket layanan streaming musik premium (Premium+) Deezer secara gratis selama tiga bulan. Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia yang memperoleh kesempatan memanfaatkan promosi ini. Secara total ada 15 negara yang berpartisipasi, terletak di Eropa, Oceania dan Amerika Tengah serta Selatan.

Untuk mengikutinya, pengguna Foursquare cukup memberikan "like" ke laman Deezer di Foursquare, kemudian check in ke tujuh konser yang berbeda. Tersedia tiga level untuk kegiatan ini: 1 check in untuk unlock level 1, 2 check in berikutnya ke level 2 dan 4 check in terakhir untuk mencapai level 3. Disebutkan ada 15.000 tempat konser yang mendukung kampanye Foursquare dan Deezer ini. Akun Premium+ Deezer memberikan kesempatan kepada penggunanya mengakses 25 juta lagu secara tak terbatas.

Foursquare saat ini banyak berpartner dengan layanan-layanan startup lain untuk mendukung layanannya menciptakan monetisasi. Setelah menjadi jawara di persaingan layanan mobile berbasis lokasi, kini Foursquare berusaha keras membuktikan adanya pendapatan yang bisa diperoleh dari layanan seperti ini.

Deezer sendiri berusaha memperkuat basis pasarnya di sejumlah negara di dunia, dengan menghindari pasar Amerika Serikat yang dianggap sudah matang dan padat persaingan. Terpilihnya Indonesia menjadi satu-satunya negara Asia di kampanye ini menegaskan antusiasme kalangan menengah kita yang luar biasa untuk konser-konser musik, terutama yang mendatangkan artis-artis asing.

Meskipun memiliki potensi besar di area ini, belum banyak startup milik pengusaha lokal yang merambahnya. Area yang paling mendapat perhatian adalah penjualan tiket online. Ada juga layanan streaming musik online yang diwakili oleh Ohdio. Belum terlihat layanan lokal yang menyerupai SongKick, BandCamp, SoundCloud ataupun Songza.

[photo: Shuttershock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again