31 December 2012

by wiku

Foursquare Perbaharui Kebijakan Privasi di Layanan Mereka

Dalam email kepada para penggunanya, Foursquare menjelaskan beberapa pengumuman, salah satunya termasuk perubahan kebijakan privasi di layanan mereka yang akan diberlakukan mulai tanggal 28 Januari 2013.

Mempersiapkan perubahan kebijakan privasi ini Foursquare telah membuat satu halaman khusus, Privacy 101, yang menjelaskan privasi di layanan mereka yang lebih mudah dibaca. Halaman khusus ini membantu pengguna untuk memahami kebijakan privasi di Foursquare yang selengkapnya bisa di baca di sini.

Foursquare juga menambahkan penjelasan tentang bagaimana kebijakan privasi ini akan berdampak pada pengunaan aplikasi di halaman syarat dan ketentuan mereka, termasuk pengaturan bawaan serta bagaimana pengguna bisa mengaturnya.

Kebijakan privasi ini antara lain termasuk cara penampilan nama pengguna di layanan Foursquare. Nantinya layanan berbasis lokasi ini akan menampilkan nama lengkap pengguna ketika melihat halaman profil pengguna, tidak lagi nama depan dan inisial nama belakang saja, misalnya Foursquare akan menampilkan nama akun saya sebagai Wiku Baskoro alih-alih Wiku B.

Satu lagi adalah fasilitas yang diperuntukkan bagi pemilik lokasi atau pelaku bisnis. Nantinya akun jenis ini akan memungkinkan untuk melihat check-in yang telah dilakukan pengguna di lokasi milik mereka. Namun pengguna juga bisa memilih untuk mengatur check-in jenis ini di menu pengaturan privasi.

Lebih lengkap, berikut saya kutipkan penjelasan Foursquare.

1. We will now display your full name. Currently, Foursquare sometimes shows your full name and sometimes shows your first name and last initial (“John Smith” vs. “John S.”). For instance, if you search for a friend in Foursquare, we show their full name in the results, but when you click through to their profile page you don’t see their last name. In the original versions of Foursquare, these distinctions made sense. But we get emails every day saying that it's now confusing. So, with this change, full names are going to be public. As always, you can alter your ‘full name’ on Foursquare athttps://foursquare.com/settings. 2. A business on Foursquare will be able to see more of their recent customers. Currently, a business using Foursquare (like your corner coffee shop) can see the customers who have checked in in the last three hours (in addition to the most recent and their most loyal visitors). This is great for helping store owners identify their customers and give them more personal service or offers. But a lot of businesses only have time to log in at the end of the day to look at it. So, with this change, we're going to be showing them more of those recent check-ins, instead of just three hours worth. As always, if you'd prefer not to permit businesses to see when you check into their locations going forward, you can uncheck the box under ‘Location Information’ at https://foursquare.com/settings/privacy.

Selain pengumuman untuk perubahan kebijakan privasi ini, Foursquare juga menyebutkan bahwa tahun 2012 merupakan tahun yang hebat bagi layanan ini. Foursquare telah merilis lebih dari 50 fitur baru, mendapatkan hampir 15 juta pengguna baru di Foursquare dan ada 3 miliar check-in yang dilakukan pengguna di layanan mereka.

Saat ini komunitas Foursquare telah mencapai lebih dari 30 juta, mereka juga akan mempersiapkan banyak rencana di tahun 2013. So, sepertinya layak untuk menanti gebrakan apa lagi yang akan dilakukan oleh Foursquare tahun depan. Informasi tentang perubahan kebijakan privasi ini bisa dilihat di tautan ini.