30 August 2013

by wiku

Foursquare Semakin Pintar

Foursquare hadirkan fitur baru yang cukup spesial. Dengan fitur ini pengguna bisa mendapatkan usulan lokasi 'kejutan' ketika berada di area tertentu. Pembaruan ini dirilis pertama-tama untuk pengguna Android.

Secara sederhana, update layanan yang diberikan Foursquare memungkinkan pengguna untuk mendapatkan rekomendasi atau usulan lokasi tanpa melakukan pencarian, hanya dengan menyalakan fasilitas lokasi di ponsel. Foursquare akan memberikan usulan proaktif (semacam notifikasi), penggna tidak perlu membuka aplikasi.

Sebagai contoh, dalam pengumuman resmi dijelaskan Foursquare, misalnya Anda datang ke sebuah tempat makan maka Foursquare bisa saja memberikan usulan atas makanan menarik atau yang harus Anda coba yang ada di lokasi makan dimana Anda berada. Contoh lain, ketika Anda ada di lokasi yang baru pertama kali Anda datangi, aplikasi lokasi ini bisa memberikan usulan lokasi yang teman Anda sukai.

Kelancaran dari usulan ini diklaim Foursquare akan memberikan pengalaman yang lebih lancar dari perkembangan aplikasi sebelumnya. Hal ini dimungkinkan dengan ketersedian data yang ada di layanan Foursquare yang telah mencapai 4 miliar check-in dan 32 juta tips serta peningkatan dari akurasi lokasi.

Untuk permasalahan penggunaan baterai (karena usulan ini bisa tetap berjalan tanpa membuka aplikasi), Foursquare menjelaskan bahwa selama masa uji menggunakan berbagai ponsel, fasilitas ini hanya memakan umur baterai sebanyak 0.7% per jam.

Selain itu, data check-in yang sudah cukup banyak tersedia akan membuat fitur ini cukup pintar untuk menyesuasikan lokasi di mana Anda berada. Fitur ini pun tidak secara otomatis membuat Anda melakukan check-in tetapi hanya memberikan usulan.

Foursquare telah merilis fitur ini untuk pengguna Android tertentu dan secara bertahap akan menyediakan untuk semua pengguna aplikasi Frousquare di Android. Sedangkan untuk iOS, harap bersabar karena baru akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.