1. Startup

Foursquare Terima Kucuran Dana Series-B

Sepertinya hampir semua investor besar di dunia ingin mencoba mendapatkan sedikit potongan kue milik Foursquare, sebuah startup geo location yang fenomenal. Setelah dikabarkan diincar oleh 12 perusahaan investasi dan 3 tawaran akuisisi, sepertinya Foursquare memilih untuk tetap independen. Sebut saja Facebook, Yahoo, Microsoft yang dikabarkan mencoba membeli Foursquare dengan tawaran yang cukup menggiurkan,

Agaknya Dennis Crowley, Founder/CEO Foursquare agak kapok dengan startup sebelumnya Dodgeball yang diakuisisi Google hanya untuk dimatikan kemudian. Semangat inilah yang akhirnya membuat Dennis dan timnya lebih bersemangat mengembangkan Foursquare tanpa niatan untuk menjualnya.

Dan akhirnya keputusan itu telah diambil, Foursquare secara resmi telah menutup negosiasi investasinya  dengan sukses. Andreesen-Horowitz memimpin round investasi ini didukung oleh Union Square Ventures dan O'Reilly AlphaTech Ventures. Foursquare dengan ini sukses mendapat suntikan dana sebesar $20 juta, dengan valuasi pre-money sekitar $95 juta.

Yang menarik juga adalah Marc Andreesen ternyata juga duduk di board member Facebook, jadi kemungkinan untuk partnership (atau bahkan akuisisi) dengan Facebook belum tertutup sepenuhnya. Sebelumnya-pun Facebook juga telah "mengancam" akan segera merilis fitur lokasi dan juga geo-location. Dennis Crowley sempat bergeming, namun dengan masuknya Andreesen sebagai investor di Foursquare dan Board Member di Facebook, kemungkinan untuk clash-competition di antara keduanya menjadi berkurang.

Berkaitan dengan investasi di Foursquare, Marc Andreesen menyatakan lega akhirnya bisa menyelesaikan proses funding yang menurutnya cukup melelahkan ini. Negosiasi dengan Foursquare memang sudah terjadi sejak cukup lama, namun tertunda beberapa bulan setelah Dennis Crowley sempat bernegosiasi dengan beberapa perusahaan yang berniat membeli Foursquare (Yahoo, Facebook, Microsoft). Namun akhirnya Andreesen senang karena Foursquare memutuskan untuk tetap independen.

Andreesen juga menyatakan bahwa ketertarikannya terhadap Foursquare terutama dikarenakan sang CEO yang memiliki visi yang kuat dan jelas mengenai produknya, dan fakta bahwa dulu Crowley pernah gagal di Dodgeball makin menguatkan pendapat Andreesen bahwa kegagalannya tersebut akan membuat Crowley berusaha lebih keras untuk menang.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again