1. Startup

Fraiday.com Resmi Rilis Layanan Mereka, Buka Kompetisi Desain

Selain Gravira.com dan GantiBaju.com kini hadir Fraiday.com yang mencoba memasuki segmen desain dan kaos. Fraiday.com memberikan ruang bagi para desainer untuk mengirimkan karya desain mereka dan mendapatkan peluang untuk diproduksi dalam bentuk produk kaos.

Dijelaskan Alrizky, founder dari Fraiday lewat email, "Fraiday adalah sebuah clothing brand berbasis website yang mengusung sistem crowd-sourcing (from crowd, by crowd, for crowd) dimana tujuan dan harapan kita ke depannya adalah bisa menembus pasar Asia."

Fraiday.com menyediakan fasilitas kompetisi desain bagi para desainer. Desain dikirimkan ke situs Fraiday, nantinya berbagai desain ini akan dipajang dalam jangka waktu tertentu dan kemudian pengguna (komunitas di Fraiday) dipersilahkan untuk melakukan pilihan atas desain yang ada. Desain yang terpilih atau menang akan dicetak dengan media kaos. Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai, paket hadiah lainnya dan royalti dari penjualan kaos.

Dari penjelasan, tata cara serta berbagai fasilitas yang ada di situs mereka, Fraiday.com memang satu segmen atau layanan yang diberikan mirip dengan GantiBaju.com dan Threadless.com. Kompetisi desain dilakukan berdasarkan proses vote dari komunitas, selain itu akan ada juga desain yang dipilih oleh tim Fraiday yang juga akan diproduksi. Semua kaos yang diproduksi berdasarkan desain terpilih akan dijual juga di situs mereka.

Selain tampilan desain, beberapa perbedaan dari layanan GantiBaju.com yang saya temui antara lain adalah jumlah hadiah, Fraiday memberikan jumlah hadiah uang tunai yang lebih besar 1.5 juta sedangkan GantiBaju 1 juta rupiah, untuk royalti dari hasil penjualan kaos dengan desain terpilih, masing-masing layanan menyediakan persentasi 10% dari setiap produk yang dijual.

Perbedaan lain adalah dari fitur, Fraiday menyediakan fitur Progress yang memberikan sarana bagi para desainer yang memiliki desain namun belum selesai dikembangkan (rough artwork), sketsa, doodle, atau karya yang telah hampir selesai tetapi masih terasa kurang bisa di submit ke Fraiday, nantinya desainer bisa mendapatkan masukan, komentar atau umpan balik dari komunitas untuk menyelesaikan atau melengkapi karya mereka.

Dari pengumuman situs mereka, Fraiday sudah membuka pintu bagi para desainer untuk bergabung dengan komunitas mereka dan mengirimkan karya desain dan toko kaos mereka akan diluncurkan tanggal 15 Maret 2011.

Komunitas dan karya desain adalah yang terpenting dari layanan seperti Fraiday.com, salah satu hal yang menjadi faktor keberhasilan dari GantiBaju adalah pengelolaan komunitas serta keberhasilan mereka menjaring/mendapatkan desainer dengan karya-karya yang bagus untuk di submit ke layanan mereka.

Setelah berjalan-jalan sebentar, karya desain yang ada di Fraiday cukup bagus, hanya saja memang tidak (belum) ada tema khusus, karena masih baru, jadi tidak ada benang merah untuk karya desain. Untuk tingkat persaingan, di negara lain juga terdapat beberapa layanan sejenis yang juga masuk di segmen layanan yang sama, jadi tingkat persaingan sudah lumrah, masing-masing bisa membangun karakter layanan mereka sendiri, baik dari segi karya desain atau nilai lebih komunitas untuk mendapatkan pangsa pasar.

Strategi monetisasi juga harus diperhatikan, ada kemungkinan bahwa penjualan kaos secara online di layanan kompetisi desain seperti Fraiday tidak akan memberikan jumlah pemasukan yang signifikan, berbagai strategi monetisasi bisa dipertimbangkan, GantiBaju telah melakukannya dengan menjadi media outlet, tentunya akan menjadi menarik untuk melihat strategi dari Fraiday.

Perkiraan saya, butuh waktu beberapa bulan atau bahkan lebih hanya untuk melihat apakah jalur kompetisi desain bisa berjalan, baik dari segi pengirim karya, mendapatkan pemenang, penambahan jumlah voters serta penjualan online kaos yang telah diproduksi. Fraiday juga masih dalam taraf beta dan baru saja muncul, masih banyak perkembangan yang bisa dilakukan, terutama masukan dari komunitas. Mari kita lihat perkembangan selanjutnya dari Fraiday.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again