8 March 2017

by Yoga Wisesa

FreedomPop V7 Ialah Smartphone Dengan 'Paket Data Gratis Selamanya'

FreedomPop V7 mengusung teknologi Wi-Fi calling, sebuah sistem yang dapat mengalihkan tipe sambungan dari jaringan seluler ke Wi-Fi demi memastikan pengguna memperoleh koneksi terbaik.

Didirikan pada tahun 2012, FreedomPop adalah operator jaringan mobile asal Los Angeles yang menawarkan pelanggannya akses data, pesan dan VoIP gratis. Kira-kira tiga tahun lalu, layanan itu mulai dijajakan pada pemilik iPad Mini dan Samsung Tab 3. Nama FreedomPop sendiri memang jarang kita dengar karena mereka baru beroperasi di wilayah Amerika dan Inggris.

Perusahaan yang dicetus oleh Stephen Stokols dan Steven Sesar itu sebetulnya sudah punya rencana untuk menjual perangkat bergerak dengan brand mereka sendiri, dan sempat merilis Liberty, yaitu sebuah tablet low-cost 7-inci yang memberikan penggunanya kebebasan menelepon dan mengirim pesan singkat tanpa membayar. Kali ini, penawaran serupa diterapkan para sebuah produk smartphone anyar.

Di tanggal 7 Maret 2017 kemarin, FreedomPop meluncurkan V7: sebuah handset Android yang memungkinkan Anda menelepon, ber-SMS, menggunakan aplikasi chatting, serta mengakses internet secara gratis. Jika penggunaannya tidak banyak, Anda tak perlu membayar apapun kecuali untuk membeli perangkat tersebut. Dan menariknya lagi, V7 memang disiapkan sebagai produk super-terjangkau.

Spesifikasinya memang tidak akan memenangkan kontes di arena pacu hardware. FreedomPop V7 menyajikan layar IPS 720p seluas 5-inci, berjalan di OS Android 6.0 Marshmallow, memanfakan system-on-chip Qualcomm Snapdragon 210 sebagai otaknya, didukung RAM sebesar 1GB, dipadu penyimpanan internal 8GB yang bisa Anda ekspansi hingga 32GB dengan menambahkan kartu microSD, dan ditenagai baterai 2.100mAh.

Kapabilitas fotografi dari FreedomPop V7 diklaim cukup baik di kelasnya, dibekali sensor 13-megapixel di kamera utama dan 5-megapixel buat ber-selfie. Untuk sebuah produk di bawah harga US$ 80, setup ini cukup memuaskan. Tak hanya kamera, desain V7 juga tergolong unik karena FreedomPop memanfaatkan material bertekstur kasar ala skateboard di punggung device - mirip OnePlus One - agar handset bisa mencengkeram kulit tangan dengan mantap.

FreedomPop V7 mengusung teknologi Wi-Fi-calling, yaitu sebuah sistem yang dapat mengalihkan tipe sambungan dari jaringan seluler ke Wi-Fi demi memastikan pengguna memperoleh koneksi terbaik. Dengannya, WhatsApp tersuguh gratis, dan tanpa perlu mengeluarkan uang berlangganan, Anda bisa melakukan panggilan selama 200 menit, mengirim 200 SMS, dan mengakses data sebanyak maksimal 200MB.

Lalu bagaimana FreedomPop mendapatkan profit? Tentu saja lewat penjualan device, dan mereka juga punya paket premium bulanan, dijajakan di harga £ 5 sampai £ 20 (US$ 6.1-24,4). V7 sendiri dibanderol £ 60, atau sekitar US$ 75. Untuk sekarang, FreedomPop V7 hanya tersedia di Inggris dan Spanyol.

Via VentureBeat & Engadget.