1. Startup

6 Fungsi Penting Pembuatan Business Plan

Pembuatan business plan yang matang bermanfaat untuk meyakinkan investor memberi pendanaan.

Apa yang kamu ketahui tentang business plan? Business plan atau dalam Bahasa Indonesia perencanaan bisnis adalah sebuah dokumen berisi perencanaan bersifat strategis terhadap masa depan bisnis.

Selengkapnya, kamu bisa membaca tentang pengertian dan cara membuat business plan di sini. Kamu juga bisa mempelajari komponen-komponen penting yang harus ada dalam business plan di artikel sebelumnya.

Membuat business plan sendiri mempunyai segudang manfaat, salah satunya sebagai bahan penting untuk mendapat modal memulai bisnis. Modal awal tentu sangat krusial bukan agar bisnismu tetap terealisasi?

Selain memiliki manfaat secara eksternal, kelebihan business plan lainnya adalah bermanfaat bagi kinerja internal. Maka dari itu, ketahui 6 fungsi business plan ini bagi pemula yang ingin memulai bisnis baru.

Internal

Sebagai Panduan Arah Bisnis

Keberadaan business plan secara utama adalah sebagai panduan bagaimana bisnis tersebut akan dijalankan ke depannya. Dengan membuat business plan, kamu sudah memiliki pengetahuan tentang apa produk yang akan kamu jual, bagaimana menjualnya, berapa perkiraan keuntungannya, dll.

Dalam internal bisnis, business plan tentu saja memperjelas tujuan bisnismu. Tim-tim di bawah manajemen juga dapat memproyeksikan pekerjaan dengan jelas. Fungsi ini pun juga menguntungkan fungsi lainnya, yaitu untuk meyakinkan investor tentang model bisnismu.

Sebagai Acuan Pembuatan Keputusan

Dalam menjalankan bisnis, tentu kamu memiliki beberapa target, misalnya berapa keuntungan yang didapat bisnismu dalam setahun. Adakalanya, target-target ini belum bisa tercapai sesuai dengan harapan. Di sinilah fungsi business plan.

Ketika kamu tak mencapai target, maka itu dapat dihitung sebagai sebuah masalah. Nah, cara kamu mengatasi masalah tersebut dan memutuskan tindakan apa yang dilakukan harus sesuai dengan business plan yang kamu buat.

Ini karena di dalam business plan tercantum tujuan dan strategi pemasaran utama yang akan kamu lakukan. Tentukan keputusan yang mungkin berbeda dengan strategi awal, namun tetap berada pada koridor tujuan bisnismu.

Sebagai Acuan Penyusunan Strategis dan Evaluasi Bisnis

Business plan sendiri merupakan dokumen strategis. Namun, rencana strategis di business plan masih umum dan perlu dibuat rencana tindakan yang lebih rinci. Pekerjaan membuat rencana tindakan untuk bisnismu sudah masuk ke ranah pekerja.

Maka dari itu, keberadaan business plan akan sangat membantu tim strategis untuk membuat perencanaan proyek lanjutan. Selain itu, business plan juga berfungsi sebagai pedoman evaluasi apakah pelaksanaan proyek sudah sesuai tujuan utama bisnis.

Mengarahkan Tujuan dan Prioritas Bisnis

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, business plan berfungsi sebagai panduan arah bisnis ke depannya. Ini artinya, business plan membantumu fokus pada hal-hal penting demi keberlangsungan bsinismu.

Selama menjalankan bisnis tersebut, kamu juga akan dihadapkan berbagai masalah dan tantangan. Jika begitu, refleksikan kembali tujuan dan fokus utama kamu membangun bisnis ini. Kemudian, kelompokkan mana masalah yang masuk dalam prioritas untuk mencapai tujuan yang ada.

Eksternal

Sarana Komunikasi Bisnis dengan Pihak Ketiga

Dalam membangun sebuah bisnis, kamu pasti butuh bekerja sama dengan beberapa pihak. Misalnya, bekerja sama dengan investor untuk membiayai operasional awal bisnis.

Selain investor, kamu juga membutuhkan pihak ketiga lainnya seperti pemasok bahan produk atau jasa pengiklan di agensi. Business plan akan menjadi dokumen penting untuk mengkomunikasikan model bisnismu kepada investor.

Dokumen Penunjang Pendanaan

Ini merupakan salah satu fungsi krusial business plan. Tanpa dokumen ini, kamu akan kesulitan menyampaikan konsep bisnismu kepada calon investor. Mereka sudah pasti butuh model bisnis yang matang dan tak menyukai omong kosong.

Bagaimana tidak, para investor akan mempertaruhkan uang mereka untuk sesuatu yang entah menjanjikan atau tidak di masa depan. Konsekuensinya, uang mereka akan kembali atau tidak. Maka dari itu, membuat business plan yang matang akan membuat bisnismu terlihat menjanjikan.

Contoh Proposal Bisnis Plan

Di bawah ini adalah contoh bisnis plan untuk pemula. Kamu bisa mengadopsi dan menyesuaikannya dengan bisnis yang sedang kamu jalani sekarang.

Ringkasan Eksekutif

Masyarakat telah menghadapi pandemi selama lebih dari dua tahun lamanya dan Covid-19 bermutasi semakin menular. Akibatnya, para ibu rumah tangga yang khawatir tertular Covid-19 saat berbelanja kebutuhan.

Belanja.com hadir untuk memenuhi kebutuhan belanja para ibu rumah untuk meminimalisir tertularnya virus Covid-19. Belanja.com juga akan mempermudah kegiatan belanja para ibu rumah tangga dengan sekali klik.

Belanja.com merupakan sebuah bisnis berbentuk e-commerce pesan antar yang menawarkan kebutuhan pokok rumah tangga. Berkantor di Jakarta Pusat, bisnis ini dijalankan oleh orang-orang berpengalaman di bidang bisnis dan teknologi sehingga kami menjamin layanan yang memuaskan.

Mereka adalah seperti oleh mantan CEO startup ternama, Galih Suprayogo dan mantan CTO startup ternama, Sabrina Amalia. Dengan peluang yang ada, Belanja.com diperkirakan dapat meraup profit sebesar Rp 1 miliar di tahun pertama berdiri.

Profil Bisnis

Belanja.com memiliki visi untuk mempermudah ibu rumah tangga berbelanja dengan cepat dan nyaman. Untuk mewujudkannya, Belanja.com hadir dengan membuat aplikasi praktis untuk mengantarkan belanjaan konsumen sampai di rumah dalam keadaan baru dan segar.

Belanja.com memiliki kelebihan sebagai platform e-commerce yang menyediakan layanan pesan antar secara cepat dalam 10 menit. Kelemahan yang dimiliki adalah merek Belanja.com masih belum dikenal masyarakat.

Belanja.com bisa jadi terhalang dengan eksistensi e-commerce dengan konsep yang sama. Namun, dengan waktu antar yang lebih cepat tersebut, Belanja.com yakin dapat bersaing dengan e-commerce lainnya.

Produk atau Layanan

Belanja.com memiliki berbagai jenis produk kebutuhan pokok rumah tangga seperti bahan makanan mentah, bumbu dapur, sayur dan buah segar, dan bahan memasak (minyak, gula, garam, dll).

Para konsumen dapat membuka aplikasi Belanja.com, memilih produk yang diinginkan, melakukan pembayaran, dan 10 menit kemudian pesanan akan sampai di tujuan. Aplikasi Belanja.com akan memilihkanmu toko paling dekat yang menyediakan produk yang kamu beli.

Dengan Belanja.com, para konsumen akan menghemat waktu, menghemat budget, sekaligus terhindar dari risiko tertular virus Covid-19 saat berbelanja langsung di pasar atau supermarket.

Analisis Pasar

Target konsumen

  • Para ibu rumah tangga usia 23-35 tahun yang aktif berbelanja kebutuhan pokok di pasar atau supermarket.
  • Para perempuan karier yang memiliki sedikit waktu untuk berbelanja
  • Dapat mengoperasikan ponsel dan melakukan transaksi di e-commerce secara online
  • Menyukai hal praktis
  • Malas berbelanja secara offline

Kompetitor

Terdapat beberapa kompetitor seperti HappyFresh yang telah dikenal masyarakat luas. Selain itu, terdapat juga Astro yang memiliki konsep pesan antar cepat.

Untuk HappyFresh, Belanja.com sudah dapat mengungguli waktu pengantaran barang sehingga barang datang masih dalam keadaan segar. Sedangkan, untuk Astro, Belanja.com dapat mengungguli konsep Astro untuk mengantarkan barang lebih cepat yaitu 10 menit.

Strategi Pemasaran

Belanja.com akan bekerja sama dengan influencer dengan kriteria yang mirip dengan target konsumen, untuk membuat thread di Twitter mengenai servis Belanja.com. Tujuannya agar konten tersebut viral sekaligus untuk meningkatkan brand awareness. Selanjutnya, Belanja.com juga akan melakukan beragam strategi digital marketing.

Rancangan Biaya

Rencana Anggaran

Build dan maintain website: Rp 50.000.000

Build dan maintain website: Rp 50.000.000

Beban operasional: Rp 250.000.000

Biaya lain-lain: Rp 150.000.000

Rencana Modal

Dana investor: Rp 500.000.000

Estimasi Profit

Hasil penjualan layanan: Rp 1.000.000.000

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again