1. DScovery

Fungsi Uang, Pahami Fungsi Uang yang Sebenarnya!

Fungsi uang terbagi dua jenis diantaranya fungsi uang asli uang dan fungsi turunan uang.

Sejak uang resmi menjadi alat tukar yang sah untuk melakukan transaksi, sistem barter hampir tidak pernah digunakan secara otomatis. Selain itu, kebutuhan hidup di era modern jauh lebih kompleks. Tidak mungkin bagi manusia di zaman sekarang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Di sinilah peran uang sebagai alat transaksi dalam masyarakat muncul. Kita bisa membeli semua yang kita butuhkan dengan uang ini. mulai dari kebutuhan dasar seperti pakaian dan makanan hingga layanan atau jasa yang diinginkan. 

Fungsi Asli Uang 

  1. Sebagai Alat Tukar

Fungsi pertama uang adalah sebagai alat tukar. Pada dasarnya, fungsi utama uang adalah untuk memudahkan proses pertukaran. Uang dapat membantu kamu memilih antara pembeli dan penjual, menghilangkan keinginan timbal balik seperti barter.

Orang-orang pada zaman dulu mempertukarkan barang-barang dengan nilai yang sama. Pertukaran saat ini tidak lagi menukarkan barang, tetapi hanya menggunakan uang sebagai alat tukar. Uang inilah yang dapat mengatasi masalah barter.

  1. Sebagai Satuan Hitung

Fungsi uang sebagai satuan hitung adalah fungsi yang akan datang. Itu sudah menjadi keharusan. Tidak mudah untuk menentukan harga atau nilai barang atau jasa tanpa satuan hitung.

Sangat mudah untuk menunjukkan nilai barang atau jasa yang ditawarkan sebagai satuan hitung karena nilainya sangat berbeda. Menghitung besar dan kecilnya pinjaman serta menunjukkan besarnya kekayaan adalah satuan hitung yang digunakan di sini.

Fungsi Uang Turunan

  1. Metode pembayaran

Uang digunakan untuk membeli barang dan jasa yang dibutuhkan.

  1. Alat Penyimpan Kekayaan

Orang biasanya ingin menyisihkan sebagian pendapatannya untuk ditabung atau disimpan. Menyimpan kekayaan dalam bentuk uang, atau tabungan, jauh lebih efisien daripada menyimpan barang.

  1. Alat untuk Mengalihkan Kekayaan

Contohnya, jika seseorang memiliki sebidang tanah dan ingin dipindahkan ke tempat lain, akan sulit untuk memindahkan tanah tersebut. Namun, jika mereka memiliki uang, hal itu dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menukar tanah tersebut dengan uang dan kemudian membeli tanah di tempat lain.

  1. Sebagai Sarana untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Dalam situasi seperti ini, uang dapat diinvestasikan untuk mendirikan pabrik atau bisnis lainnya dengan tujuan memperoleh keuntungan atau penghasilan. Di sisi lain, pendirian bisnis juga dapat mempekerjakan tenaga kerja.

  1. Alat untuk Menghitung Harga Barang

Biasanya, harga suatu barang ditulis dalam uang, dan uang berfungsi sebagai penunjuk harga, seperti label harga.

Demikianlah penjelasan tentang fungsi uang. Semoga informasi tersebut bisa menambah wawasan kamu ya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again