1. Lifestyle

Gabe Newell dalam LinuxCon: Linux dan Open Source Adalah Masa Depan Gaming

Betul sekali, pernyataan pada judul merupakan pernyataan yang cukup kontroversial karena Gabe Newell sendiri sangat mengerti bahwa angka penggunaan Linux sebagai platform gaming kurang dari satu persen.

Komentar ini ia utarakan saat menjadi pembicara LinuxCon di New Orleans, "Cukup lucu rasanya datang ke sini dan bilang pada Anda semua bahwa Linux dan platform open-source lain adalah masa depan gaming," Newell melanjutkan, "Rasanya sama seperti saya datang ke Roma dan menguliahi Paus tentang agama Katolik."

Tahun lalu, sebelum console next-gen diumumkan, beredar informasi yang menyebutkan bahwa Valve sedang meracik perangkat bernama Steam Box. Steam Box adalah platform yang mengkombinasi PC dan console, berjalan di Linux dan dinavigasi dengan user interface Steam. Tentu Valve akhirnya menampik semua 'rumor' itu, kecuali bagian 'berjalan di Linux'.

Seperti mayoritas para individu yang peduli akan perkembangan game, Gabe sudah merasa gerah melihat bagaimana Microsoft dengan sistem operasi Windows mereka memperlakukan ekosistem PC dengan semena-mena. Sebelumnya ia dengan keras menyebutkan bahwa 'Window 8 adalah malapetaka bagi tiap orang yang berada dalam industri ruang lingkup PC'. Hal ini sangat berasalan: platform tertutup juga akan menutup kemungkinan adanya inovasi baru. Kesuksesan Steam mereka adalah berkat inovasi, itulah sebabnya Gabe dan timnya tidak mau berhenti sampai di sini.

Walaupun ada yang menyebutkan penjualan PC berkurang dari tahun ke tahun, faktanya penjualan game di Steam meningkat tajam sebesar 76%. Newell melanjutkan, "Dalam waktu dekat kita akan melihat perubahan struktur secara radikal atau lima pemain utama PC akan keluar dari permainan. Saat ini sangat suram," ia menambahkan, "Kompetisi sehat lebih terbuka pada sistem yang bersahabat dengan inovasi dan terbuka dibanding sistem yang tertutup."

Akhirnya ia juga menyebutkan bahwa Valve akan memberikan pernyataan minggu depan tentang bagaimana mereka melakukan itu semua dan 'perangkat keras' apa yang memungkinkan Valve menghadirkan Linux ke ruang keluarga Anda. Dengan menghadirkan Steam di Linux bulan Februari lalu menegaskan bahwa Valve tidak main-main dengan hal ini.

Saya sangat mengharapkan bahwa informasi 'perangkat keras' berbasis Linux yang ia maksudkan ini merupakan pengumuman resmi platform baru buatan Gabe dan timnya: Steam Box.

Untuk Anda yang ingin melihat presentasi Gabe di LinuxCon, saya tidak lupa membubuhkan videonya di bawah.

Terimakasih pada Ars Technica. Sumber gambar: Neil Long, via Edge-Online.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again