28 January 2013

by Iqbal Farabi

Galaxy Xcover 2 Resmi Diumumkan oleh Samsung

Baru-baru ini, berdasarkan laporan dari NDTV, Samsung akhirnya memberikan kabar resmi mengenai varian ponsel pintar Galaxy terbaru yakni Galaxy Xcover 2. Ponsel pintar ini oleh Samsung digadang-gadang sebagai "ponsel pintar yang ideal" bagi mereka yang aktif melakukan aktivitas outdoor.

Memang, salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Galaxy Xcover 2 adalah  durabilitas. Xcover 2 memiliki ketahanan terahadap debu, pasir, dan air. Dikatakan bahwa Xcover 2 bisa bertahan di dalam air dengan kedalaman 1 meter hingga selama 30 menit. Selain itu, Xcover 2 bisa digunakan untuk mengambil gambar di dalam air.

Secara teknis, spesifikasi perangkat yang dimiliki Xcover 2 sebenarnya bisa dikatakan hanya kelas menengah saja. Ponsel pintar ini memiliki layar berukuran 4 inchi, prosesor berinti ganda dengan kecepatan 1 GHz, memori RAM sebesar 1GB, kapasitas penyimpanan internal sebesar 4 GB (yang bisa diperluas hingga 32 GB dengan medium penyimpanan micro SD), kamera belakang beresolusi 5 MP, dan kamera depan bertipe kamera VGA.

Dari segi perangkat lunak, Galaxy Xcover 2 akan beroperasi dengan sistem operasi Android versi Jelly Bean. Selain aplikasi bawaan Android, perangkat ini akan dilengkapi dengan beberapa aplikasi dari Samsung seperti aplikasi pesan singkat ChatOn, S-Cloud, S-Voice, aplikasi kamera Best Shot, dan Smart Stay.

Belum ada kabar pasti mengenai kapan perangkat ini akan dirilis ke pasar, di negara mana saja perangkat ini akan dirilis, dan berapa harganya. Namun, menurut NDTV, rumor yang beredar menyebutkan bahwa Galaxy Xcover 2 akan tersedia pada bulan Februari tahun ini.

Samsung sendiri memang menawarkan beragam variasi ponsel pintar berbasis Android pada seri Galaxy yang dimilikinya. Mulai dari model hibrid dengan keyboard fisik seperty Galaxy Chat, model yang memiliki proyektor seperti Galaxy Beam, hingga menjadikan kamera berlaku seperti ponsel pintar pada Galaxy Camera. Strategi ini sepertinya memang membuahkan hasil. Berdasarkan laporan terbaru dari IDC, pada kuartal keempat tahun lalu Samsung memiliki pangsa pasar terbesar untuk kategori ponsel pintar dan kategori telepon seluler secara keseluruhan.

 

Sumber: NDTV.