1. Lifestyle

Game BioShock Akan Segera Hadir di Perangkat Apple

BioShock, seperti seri permainan 'Shock' karya creative director Ken Levine lain, mengedepankan aspek narasi yang berlapis-lapis. Hal itulah yang membuat game yang dirilis di tahun 2007 tersebut begitu populer - walaupun dibuat dengan tema horor. Kurang lebih tujuh tahun setelah peluncurannya, BioShock dikabarkan akan hadir untuk platform iOS.

Dalam permainan ini, gamer akan diajak menjelajahi kota bawah air Rapture yang berada di ujung kehancurannya. Jack, karakter yang Anda mainkan, terdampar di kota itu setelah pesawat terbang yang ditumpanginya jatuh di tengah samudra. Sebagai Jack, awalnya pemain akan berpikir bahwa keberadaannya di Rapture adalah sebuah kebetulan, tapi Levine punya kejutan untuk Anda.

Berdasarkan pengumuman publisher 2K Games, mereka telah mem-port permainan first-person shooter ini agar pas untuk dinikmati via perangkat berlayar sentuh. Sebuah poster teaser sempat dipublikasikan bulan lalu, saat itu khalayak berasumsi bahwa 2K akan mengumumkan BioShock versi PlayStation Vita yang telah lama dinanti-nanti.

 

Info menarik: Ambil Arahan Baru, Irrational Games Merumahkan Hampir Seluruh Stafnya

 

Dari laporan beberapa media yang sudah mencoba versi preview build-nya lebih dulu, tim developer telah mengurangi beberapa fitur dan efek visual agar BioShock dapat berjalan lancar di hardwaredevice mobile. Tingkat framerate dikunci di bawah 30fps - lebih rendah dari versi console dan PC-nya. Walaupun terasa lebih berat, karakter utama tetap dapat bergerak dengan cukup mulus.

Perubahan lain juga diterapkan pada interface dan kontrol. Untuk membantu pemain dalam menavigasi karakter, 2K telah memberikan beberapa fitur tambahan dan bantuan auto-aim. Gerakan-gerakan seperti menunduk, menembak dan menggunakan plasmid (kekuatan 'mutan' yang membantu Anda dalam pertempuran) bisa diakses dari HUD dengan tombol di bagian bawah.

Untuk iPad, sistem kontrol virtual seperti ini tetap menyajikan ruang pandang yang luas dan tidak menyesaki layar. Tapi bagaimana dengan versi iPhone-nya? Dengan hadirnya BioShock di perangkat mobile, 2K mengikuti langkah yang juga telah diambil beberapa judul game lain seperti Minecraft, Grand Theft Auto (San Andreas) dan permainan Madden NFL milik EA.

 

Info menarik: Modern Combat 5: Blackout Telah Diluncurkan di Google Play & Apple Store

 

BioShock dibuat oleh tim Irrational Games di bawah nama 2K Boston. Mereka kembali menggunakan nama Irrational saat menggarap BioShock Infinite di tahun 2013. Berita buruknya, pada bulan Februari lalu Ken Levine mengumumkan bahwa Irrational Games akan ditutup selamanya, menyisakan hanya 15 orang 'tim inti' untuk mengembangkan permainan baru. Kini 2K Games-lah yang bertanggung jawab memimpin pengembangan BioShock versi iOS.

Menurut opini saya, BioShock adalah salah satu game dengan narasi dan jalan cerita terbaik (walaupun penyajiannya sedikit mirip dengan System Shock 2) yang hanya mampu dikalahkah oleh penerusnya, BioShock Infinite. Kehadiran permainan tersebut di iOS adalah sebuah berita baik. Jika Anda penggemar shooter dan belum sempat mencoba BioShock, versi iDevice-nya wajib dimainkan.

2K belum mengabarkan tanggal rilis dan harga BioShock untuk iOS, tapi mereka mengkonfirmasi bahwa game ini merupakan 'permainan mobile dengan harga premium' tanpa in-app purchase. Bisa jadi ia dibanderol antara US$ 10 hingga US$ 20. BioShock mendukung device iPad Air, iPad Mini 2, iPad 4, iPhone 4c, iPhone 5, iPhone 5s, dan iPhone 5c.

Via CNET & The Escapist Magazine. Gambar header: BioShockGame.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again