Categories

MARKETING

Melihat Geliat Pertumbuhan Game Hiper Kasual Selama Pandemi

Mengalami pertumbuhan pesat pada kuartal pertama tahun ini.

Ilham Sanjaya - 27 July 2020

Masa pandemi yang telah berlangsung selama kurang lebih empat bulan membuat masyarakat mulai mencari banyak kegiatan baru untuk mengisi waktu luang, salah satunya dengan bermain game. Hal ini juga yang membuat game seluler menjadi semakin populer di kalangan umum. Rasa bosan di rumah mungkin menjadi daya tarik untuk mencari pilihan game baru atau memainkan game favorit untuk waktu yang lebih lama.

Salah satu genre permainan yang ikut mengalami pertumbuhan selama pandemi ini adalah genre hiper kasual. Kemudahan dan kepraktisan permainannya membuat genre ini lebih disukai oleh masyarakat umum. Melalui artikel ini, kami akan membahas bagaimana pertumbuhan game hiper kasual selama pandemi yang kami rangkum dari Adjust’s Hyper Casual Gaming Report 2020.

Mengalami Pertumbuhan Pesat selama Pandemi

Pertumbuhan pesat yang dialami oleh game hiper kasual ini juga dapat memperlihatkan bahwa masyarakat memang menjadikan game sebagai metode untuk menghabiskan waktu selama pandemi ini. Kombinasi game mechanics yang sederhana dan minimalis justru membuat genre ini menjadi sangat menarik dan mengundang pengguna untuk memainkannya berulang kali. Secara global, jumlah instalasi genre ini mengalami peningkatan sebanyak lebih dari dua kali lipat (103%) sepanjang Desember 2019 sampai dengan bulan Maret 2020.

Pertumbuhan ini juga tidak hanya terjadi pada tingkat instalasi, tetapi juga pada peningkatan jumlah sesi bermain. Data Adjust menunjukkan bahwa terdapat peningkatan jumlah sesi yang cukup besar yaitu sebanyak 72% di bulan Maret. Hal ini menandakan bahwa saat pandemi konsumen tidak hanya mengunduh lebih banyak game, tetapi juga mereka lebih sering memainkan game tersebut.

hiper kasual
Grafik peningkatan jumlah instalasi dan sesi di beberapa negara

Berdasarkan data yang dikumpulkan dari beberapa negara, terlihat peningkatan jumlah instalasi dan sesi secara kumulatif tertinggi berasal dari negara China. Tingkat instalasi game hiper kasual di negara tersebut meningkat sebesar 3,5 kali lipat sepanjang Desember hingga Maret lalu. Sementara untuk jumlah sesi bermain, Cina memiliki angka kenaikan paling tinggi yaitu lebih dari 300%.

Kesempatan dan Tantangan Baru bagi Pemasar

Peningkatan jumlah instalasi dan sesi pada game hiper kasual ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh para pemasar untuk mengatur strategi pemasarannya melalui game hiper kasual. Ada beberapa jenis iklan yang biasa kita lihat ada di game dengan genre ini seperti rewarded video ads, banner ads, atau interstitial ads. Para pemasar dapat memanfaatkan pertumbuhan ini untuk menayangkan lebih banyak iklan pada game dengan genre ini. Namun, para pemasar maupun developer game juga disarankan untuk lebih berhati-hati agar jumlah iklan yang dapat ditampilkan tidak berlebihan. Menurut data Adjust, empat iklan per menit merupakan jumlah yang terlampau banyak.

Pertumbuhan pesat ini juga mempengaruhi beberapa matriks pemasaran, contohnya biaya akuisisi yang diukur menggunakan matriks cost per install (CPI). Secara global, CPI pada genre ini berkurang hingga menyentuh angka $0,17 pada kuartal pertama di tahun 2020. Selain pada CPI, perubahan juga terjadi pada tingkat instalasi per 1.000 tayangan (IPM). Terjadi peningkatan pesat sebesar 18.2% pada Q4 2019 hingga Q1 2020 di tingkat global. Hal ini menunjukkan bahwa di kuartal pertama ini para pengguna semakin tertarik untuk melihat iklan dan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk melakukan sesuatu setelah menonton iklan tersebut.

Namun, meski dapat memanfaatkan pertumbuhan pesat yang terjadi di game hiper kasual, para pemasar juga harus tetap berjaga-jaga untuk menghadapi tantangan baru yang tidak dapat diprediksi selama masa pandemi ini. Selain itu, tantangan juga dapat hadir dari kondisi new normal yang membuat masyarakat kembali ke aktivitas biasanya dan memiliki waktu luang yang lebih sedikit.

Dari segi rasio instalasi, data Adjust juga menunjukkan bahwa rasio instalasi dari iklan berbayar justru menurun sebesar 26%. Fakta ini dapat memperlihatkan bahwa masyarakat juga lebih tertarik untuk melakukan browsing dan bereksperimen dalam melakukan instalasi game. Sehingga para pemasar juga harus dapat lebih tepat dalam hal penempatan iklan berbayar untuk melakukan instalasi aplikasinya.

Dengan mengetahui kesempatan dan tantangan dibalik pertumbuhan pesat game hiper kasual, para pemasar maupun pengembang game dapat menyesuaikan kembali strategi pemasaran dan pengembangan aplikasinya dengan lebih baik. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut mengenai pertumbuhan pesat game hiper kasual ini melalui Adjust’s Hyper Casual Gaming Report 2020 yang dapat diunduh lewat tautan berikut ini.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Adjust

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter