1. Startup

Game Jokowi GO! Sukses Duduki Peringkat Teratas Toko Aplikasi Populer

Tak perlu waktu lama bagi aplikasi permainan Jokowi GO! menjadi favorit di dua toko aplikasi populer. Dengan kurun waktu kurang lebih satu minggu sejak pertama diluncurkan, aplikasi Jokowi GO! per Kamis (3/7) melesat masuk ke dalam daftar aplikasi teratas versi Google Play Store dan Apple App Store. Hal ini setidaknya bisa membuktikan bahwa kampanye pemilu bisa lewat cara yang menyenangkan tanpa kehilangan pesan.

Seperti yang disampaikan oleh Arief Widhiyasa, pengembang aplikasi permainan Jokowi GO! yang merupakan salah satu sosok muda yang tergabung dalam relawan Generasi Optimis, walau jelas mengandung unsur kampanye, aplikasi Jokowi GO! bisa menjadi favorit dikarenakan unsur permainannya yang punya pesan positif dan semangat optimisme.

“Pesan utamanya sih kami ingin mewarnai pesta demokrasi ini dengan kampanye yang positif, kreatif, dan bergembira. Makanya kita bikin game yang bisa menyalurkan kampanye yang keren tetapi pesannya tetap ada dan menyenangkan,” ujar Arief kepada DailySocial.

Posisi teratas yang diraih Jokowi GO! memang cukup mengejutkan. Betapa tidak, dalam chart Top New Free di Google Play Store, Jokowi GO! menduduki posisi satu mengungguli beberapa judul permainan tenar sekaliber Angry Birds Epic dan Boom Beach.

Tak sampai situ, dalam platform Apple App Store, Jokowi GO! juga memiliki taji yang sama. Dalam chart Top Free, Jokowi GO! menduduki posisi 18, walau posisinya berada di bawah 10 besar, aplikasi Jokowi GO! tepat berada di bawah berbagai aplikasi media sosial populer yang jelas telah mendunia.

Sebagai gambaran, permainan Jokowi GO! sendiri merupakan jenis permainan endless run. Permainan ini mengisahkan seorang relawan yang terinspirasi dengan sosok blusukan Jokowi. Dalam permainan akan ditemui berbagai rintangan yang harus dihindari, dan jika pemain sampai pada level tertentu akan berakhir pada tokoh permainan bisa melakukan blusukan bareng Jokowi. Dalam permainan ini juga akan ditemui jargon khas Jokowi yang dikenal dengan “aku rapopo”.

“Kalau kena halangan, karakter akan bilang ‘aku rapopo’, itu tandanya semangat optimis yang pantang menyerah. Selain itu juga akan ada image yang berisi ajakan untuk bersama-sama menyelesaikan masalah bangsa, fitur itu bahkan bisa dibagikan melalui media sosial, saat ini share rate-nya sangat tinggi” papar Arief.

Arief yang juga ikut dalam pengembangan aplikasi ini mengaku tergerak secara inisiatif. Ketika ditanyakan hal ini, ia mengutarakan permainan Jokowi GO! memang berasal dari inisiatif para anggota relawan Generasi Optimis yang setuju dengan visi dan misi Jokowi dalam Pilpres 2014.

“Dalam membuat game ini kami tidak diminta oleh tim sukses pasangan tersebut [Jokowi-JK], ini inisiatif relawan Generasi Optimis. Kami sangat setuju dengan visi revolusi mental pak Jokowi yang membuat kami ingin segera memulai untuk membuat game ini. Bisa dibilang game Jokowi GO! merupakan salah satu perwujudan karya untuk menyampaikan pesan optimis,” pungkasnya.

Perlu diketahui, Jokowi GO! merupakan judul aplikasi permainan mobile kesekian kalinya yang mengambil tema baik itu Pemilu maupun calon presiden, setelah sebelumnya telah banyak bermunculan jenis permainan tematis serupa yang memiliki tujuan kampanye ataupun sosialisasi. Namun, hingga kini baru permainan Jokowi GO! yang bisa memperoleh animo sangat tinggi dari masyarakat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again