1. Lifestyle

Game Mussel Ajak Anda Bertualang di Bawah Laut Dalam Gaya Retro, Gratis

Satu dari beragam alasan mengapa banyak orang begitu mencintai PC sebagai platform hiburan adalah bahkan jika kita sedang tidak memiliki uang atau PC mumpuni, dengan sedikit upaya, Anda dapat menikmati berbagai permainan gratis. Di antara mereka, tentu ada yang lebih menonjol dari game lain. Dan Mussel merupakan salah satu judul spesial itu.

Pada dasarnya, Mussel ialah permainan dengan genre shoot 'em up seperti Earth Defense Force atau Project Starfighter. Game tampak tak malu-malu menyuguhkan segala macam hal bertema klasik, contohnya musik MIDI, visual bergaya low resolution pixelated, hingga efek monitor CRT cembung. Saya sempat meremehkan Mussel, tapi ternyata permainan sangat menyenangkan terlepas dari kesederhanaan penyuguhannya.

Berdasarkan sesi uji coba sekitar setengah jam, beberapa hal bisa saya simpulkan. Mussel ialah game yang sulit namun adiktif. Saya menyukai pernak-pernik kecil yang developer bubuhkan di sana. Tiap musuh mempunyai pola gerakan dan efek berbeda ketika dihancurkan. Misi pemain cukup simpel: basmi lawan sebanyak-banyaknya, hindari musuh, dan kumpulkan power-up.

Info menarik: Game Hybrid Hotline Miami dan Superhot Ini Bisa Dimainkan Gratis via Browser

Anda perlu mencobanya beberapa kali agar paham efek-efek apa yang diberikan power-up. Awalnya Mussel memang berjalan sedikit lambat, tapi lama-kelamaan tempo berubah kian cepat dan semakin menegangkan. Satu tipe musuh akan menggoncang layar dan mengeluarkan suara ledakan saat mati, menyuguhkan rasa puas sewaktu kita berhasil membunuhnya. Dan kombinasi musik chiptune sangat mendukung gameplay.

Mussel mungkin akan terasa menantang bahkan buat Anda yang sering menikmati shoot 'em up horisontal. Game di-setting di bawah air, tiap tembakan akan mendorong kapal selam Anda mundur. Kita tidak bisa maju sambil menembak, dan hal tersebut menyebabkan pemain sangat rentan saat mencoba mengambil power-up. Dan power-up akan menghilang dalam hitungan detik jika tidak segera dipungut.

Game digarap oleh developer Jonathan Whiting, dibantu musik dari David 'Demoscene Time Machine' Whiting. Mussel memperoleh pujian dari media serta blogger gaming terkemuka dunia semisal IndieGames.com hingga Rock Paper Shotgun.

Ingin segera mencobanya? Tinggal kunjungi Itch.io dan unduh Mussel. Ia tidak membutuhkan spesifikasi tinggi, hanya memakan penyimpanan sebesar 10 megabyte. Untuk versi Windows, file Zip dapat dibuka dengan WinRAR kemudian letakkan folder di direktori mana saja. Double click 'mussel.exe' untuk masuk ke permainan.

Selain Windows, tersedia versi OSX, Linux 64-bit dan Linux 32-bit.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again