Categories

Game

Game No Man's Sky Hanya Membutuhkan 6GB Untuk Menyimpan 18 Quintillion Planet

Tepatnya ada 18.446.744.073.709.551.616 planet dalam satu keping disc.

Yoga Wisesa - 12 July 2016

Setidaknya ada dua efek negatif yang dirasakan pemain terkait kian canggihnya perkembangan teknologi game: daftar kebutuhan sistemnya meningkat, dan mereka juga menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan. Tapi saat hardware jadi semakin mutakhir dan terjangkau, merupakan hal wajar jika judul-judul gameblockbuster melahap puluhan GB storage Anda.

Setelah periode pengembangan selama empat tahun buat merealisasikan ide ambisius mereka, minggu lalu Hello Games mengumumkan bahwa proyek No Man's Sky akhirnya rampung dan siap dirilis ke publik. Menggunakan kata 'ambisius' tidaklah berlebihan. Kabarnya, No Man's Sky menyimpan 18 quintillion - atau tepatnya ada 18.446.744.073.709.551.616 - planet yang bisa Anda jelajahi.

Anda dapat menemukan bekas-bekas peradaban kuno di sejumlah planet.

Dan kabar gembiranya, Anda tidak perlu khawatir No Man's Sky akan mengonsumsi ratusan gigabyte hard drive karena 18 quintillion planet ternyata bisa dikemas dalam 6GB saja, dapat masuk ke satu keping disc (DVD ataupun Blu-ray untuk PlayStation 4). Via Twitter, founder Hello Games Sean Murray menjelaskan bahwa sebagian besar dari porsi 6GB tersebut dialokasikan untuk file-file audio.

Hello Games mampu memampatkan lokasi sebanyak itu karena No Man's Sky mengusung teknik procedurally generation. Metode ini turut dimanfaatkan oleh developer dari game Minecraft dan Elite: Dangerous. Dapat Anda lihat, judul-judul ini mempunyai sebuah kesamaan, yaitu formula open-world. Penggunaan storage baru akan bertambah seiring kian banyaknya tempat yang Anda kunjungi.

Tiap-tiap planet memiliki flora dan fauna berbeda.

Meskipun baru akan tiba bulan depan, Hello Games juga mengabarkan mereka lagi sibuk mengerjakan 'update 1'. Developer memang belum menerangkan lebih rinci apakah update tersebut merupakan patch hari pertama buat menyingkirkan bug-bug yang masih tersisa, atau berperan sebagai tambahan konten paska pelepasan No Man's Sky. Murray menyampaikan, No Man's Sky sudah memperoleh sertifikasi untuk diluncurkan di kawasan Eropa, Amerika Serikat dan Asia, dan saat ini sedang menunggu izin perilisan di Jepang.

Bagi Anda yang kurang familier, No Man's Sky adalah game open-world dengan empat pilar utama: eksplorasi, survival, pretempuran dan trading. Di sana pemain bisa menjelahi dasar samudra terdalam hingga planet terjauh menggunakan pesawat ruang angkasa; bertemu, bertempur atau berdagang bersama faksi-faksi alien berbeda.

Setelah sedikit penundaan, No Man's Sky rencananya akan meluncur pada tanggal 9 Agustus 2016 di platform Windows dan PlayStation 4.

Via Gamespot & IGN.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter