1. Lifestyle

Game Pale Blue dari Tinker Games Berhasil Kumpulkan Dana Lewat Layanan Crowdfunding Kickstarter

Game Pale Blue dari Tinker Games telah mencapai target pendanaan publik (crowdfunding) yang dilakukan lewat layanan Kickstarter. Jumlah dana yang berhasil dikumpulkan lebih dari $ 59.000.

Seperti yang disebutkan di-updateartikel TRL sebelumnya, Tinker telah berhasil mencapai target awal dari pendanaan sebelum batas waktu kampanye selesai. Target awal atau utama adalah $48.000 untuk pengembangan game, dengan target selanjutnya adalah $53.000 yang akan menambah fasilitas game untuk Mac dan Linux.

Tinker akhirnya berhasil mencapai pendanaan sebesar $59.574 selama kampanye crowdfunding mereka. Dengan keberhasilan ini maka pengembangan game akan dilanjutkan dan selain untuk Windows akan juga tersedia untuk pengguna Mac dan Linux.

Pale Blue menarik 1.305 pendukung (termasuk saya sendiri). Dari halaman Kickstarter-nya, game akan mulai didistribusikan pada para pendukung bulan September tahun 2015.

Tinker Games dikenal juga dengan gameInheritage yang juga menghadirkan tampilan visual yang menakjubkan. Game ini juga telah dirilis untuk pasar Jepang.

 

Info menarik: Versi Next-Gen Grand Theft Auto V Membuat Hideo Kojima Depresi?

 

Saat diminta pendapat ketika Tinker Games hendak mengembangkan game Pale Blue lewat layanan Kickstarter, terus terang saya sendiri menyarankan langsung pada rekan saya di Tinker Games untuk tidak menempuhnya, alasan saya bahwa crowdfunding itu perlu konsentrasi khusus, tidak hanya saat kampanye pendanaan tetapi terlebih ketika pendanaan telah tercapai. Komunikasi pada para backer harus terus dilakukan karena merekalah pemberi dana untuk pengembangan. Saya terus terang khawatir bahwa nantinya fokus akan terpecah bukan pada pengembangan game secara maksimal. Belum lagi persiapan dan promosi yang matang harus dilakukan untuk sebelum dan saat kampanye crowdfunding.

Namun, ternyata keraguan saya telah ditepis dan dibuktikan oleh Tinker Games, yang kini berhasil menggalang dana cukup besar untuk game buatan pengembang lokal dengan sistem crowdfunding. Dana yang meraka dapat kurang lebih dua kali lipat jumlah pendanaan game Dreadout buatan Digital Happiness (pengembang game asal Bandung) yang juga dikembangkan lewat layanan crowdfunding (Indiegogo) dengan target dana $25.000 dan dana yang tercapai $29.067.

Selamat buat Tinker Games. Kualitas game buatan pengembang lokal memang tidak kalah dengan game buatan luar. Buat Anda yang tidak sempat memberikan dukungan dalam kampanye Kickstarter mereka tetap bisa memberikan dukungan pada Pale Blue agar game ini bisa masuk Steam, cek tautan ini. Atau Anda juga bisa melihat informasi gamedi halaman resmi, disana ada juga button donate bagi Anda yang ingin memberikan dukungan untuk pengembangan game ini.

Sebagai pelengkap, berikut beberapa tampilan dari game Pale Blue.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again