1. Lifestyle

Game Sambung Kata Akan Mengasah Kemampuan Bahasa Indonesia Anda

Walaupun bahasa Indonesia adalah bahasa sehari-hari masyarakat di Indonesia, tapi mungkin tidak semuanya memiliki pengetahuan tentang kosakata yang luas.

Apalagi di era sekarang, dimana sering kali kita menulis menggunakan bahasa Indonesia yang ejaannya tidak benar. Apakah kita benar-benar menguasai kosakata yang ada di dalam bahasa Indonesia? Game Sambung Kata karya developergame asal Jogja, Creacle Studio, akan menguji kemampuan berbahasa Indonesia kita.

Game Sambung Kata merupakan permainan sederhana dimana kita diajak untuk membuat satu buah kata yang dimulai dengan potongan suku kata terakhir dari kata sebelumnya. Contohnya jika di awal diberikan kata “Teknologi”, maka kita harus membuat kata dengan suku kata awal “Gi” misalkan “Gigih” atau “Girang."

Di dalam game ini kita hanya boleh mengetik kata dasar. Kata imbuhan tidak akan dihitung sebagai kata yang tepat. Perbendaharaan kata kita akan diuji dengan menemukan kata baru dalam waktu sepuluh detik. Jika kita mengulang kata yang pernah digunakan maka itu tidak akan dihitung sebagai jawaban yang benar. Apabila waktu habis dan kita belum menemukan jawaban, maka permainan akan berakhir.

Info menarik: Cara Membeli In-App Purchase Aplikasi dan Game Pakai Pulsa Indosat

Ada dua mode yang bisa dimainkan di dalam game ini. Kita bisa bermain melawan komputer yang bernama Bung Kata atau bermain sendiri untuk menyambung potongan kata yang sudah kita buat sebelumnya.

Tak hanya menambah wawasan kata, di dalam game Sambung Kata setiap kata yang benar akan diberikan juga definisinya menurut kamus bahasa Indonesia. Ini bisa jadi fitur yang akan menambah kekayaan kosakata yang kita miliki.

Satu fitur yang menurut penulis cukup menarik untuk ditambahkan di dalam game ini adalah fitur untuk bertanding melawan teman kita. Saat ini kita hanya punya pilihan untuk bertanding melawan komputer. Apabila kita bisa bermain sambung kata dengan teman kita, apalagi kalau bisa secara real time, tentu akan membuat game ini jauh lebih seru lagi.

Game sambung kata ini sudah tersedia di Google Play. Game ini gratis dan akan menampilkan iklan banner di bawah layar. Tapi jangan khawatir, iklan yang muncul tidak akan mengganggu experience kita dalam memainkan game menarik ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again