1. Startup

GamelanDJ: Hadirkan Main Gamelan Campur Dentuman Musik a la DJ

Bermain sekaligus menikmati racikan musik dari perpaduan alat musik tradisional Gamelan dengan dentuman mixing a la Disc Jockey (DJ) kini dapat dinikmati melalui sebuah perangkat smartphone Android dengan aplikasi kreatif buatan anak bangsa, GamelanDJ. Pada aplikasi ini, pengguna dapat memadukan alunan musik tradisional Jawa tersebut dengan irama musik modern.

Hadir sebagai salah satu finalis dari perhelatan ID-Byte 2013 lalu, GamelanDJ menawarkan pengalaman bermain musik secara virtual yang benar-benar beda dari aplikasi lainnya. Pasalnya, konsep memadukan alat musik tradisional (gamelan) dengan alat musik modern (DJ Deck) ke dalam sebuah aplikasi perangkat smartphone Android bisa dibilang merupakan aplikasi musik yang pertama kali dihadirkan di perangkat smartphone.

Dikutip dari laman GamelanDJ pada Google Play, GamelanDJ merupakan aplikasi yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dan juga menghibur bersamaan dengan memperkenalkan musik ciri khas tradisional Indonesia yaitu Gamelan kepada dunia internasional. Tak heran jika dalam GamelanDJ pengguna nantinya dapat memadukan lagu-lagu tradisional seperti “Gundul-Gundul Pacul”, “Suwe Ora Jamu”, dan berbagai judul lagu tradisional lainnya untuk kemudian “dipoles” ulang dengan irama-irama lagu modern dari perangkat instrumen DJ. Cukup menarik bukan?

Seperti halnya aplikasi lain yang serupa, pengoperasian dari aplikasi ini mengandalkan ilustrasi yang kuat demi mengakomodir user interface yang dirasa wajib harus menghadirkan pengalaman bermain musik secara virtual namun dengan “rasa” yang serupa dengan hal aslinya. Dalam aplikasi ini, pengguna tentu dihadapkan dengan berbagai varian musik yang dapat di-mix sesuai dengan keinginan hati.

GamelanDJ dikembangkan oleh salah satu app developer yang berasal dari Yogyakarta, Kowplink. Hingga kini, Kowplink yang kami lihat belum mengembangkan aplikasi lain untuk perangkat Android sepertinya cukup menjadi startup yang memiliki potensi bersaing secara kompetitif menghadapi pelaku industri besar lainnya. Hal ini tentu dapat dilihat dari respon pengguna yang cukup positif menanggapi aplikasi GamelanDJ yang memperoleh review cukup baik dari sejumlah pengguna dan rata-rata rating yang mencapai nilai sempurna yaitu 5 bintang.

Sebagai sebuah aplikasi yang menjanjikan pengalaman mengasyikkan bagi seluruh pengguna, GamelanDJ sejatinya dapat diunduh secara gratis di laman Google Play langsung dari perangkat smartphone Anda maupun dari desktop. Kedepannya, tentu saja menunggu update fitur terbaru dari aplikasi musik yang masih seumur jagung ini seperti ketersediaan fitur untuk ‘Save Data’, dan fitur lainnya yang mungkin bisa menambah ketertarikan pengguna untuk mengunduh aplikasi asli buatan Indonesia tersebut.

 

This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Smartfren promotes Smart life through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website: http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again