5 February 2014

by Yoga Wisesa

Gameloft Umumkan Game Captain America: The Winter Soldier Untuk Android dan iOS

Permainan berkonsep tie-in film adalah sebuah hal yang unik. Catatan sejarah digital membuktikan bahwa hampir setiap adaptasi film ke video game berakhir kurang baik. Tapi semenjak meningkatnya penggunaan device mobile, game-game movie tie-in mulai mendapatkan pijakannya kembali. Menggunakan momentum ini, Gameloft merilis Captain America: The Winter Soldier ke platform Android dan iOS.

Berbeda dari franchise game biasa, permainan tie-in biasanya dibuat sebagai produk sekunder sebagai sarana promosi film yang akan segera dirilis. Dan banyak di antara mereka yang dikembangkan terburu-buru sehingga mendapatkan respon konsumen dan kritik yang negatif.

Kemudian saat penggunaan perangkat mobile tidak sepopuler sekarang, publisher biasanya menuntut harga tinggi untuk permainan 'setengah matang'. Namun metode free-to-play yang kian bersahabat memberikan alternatif terbaik untuk publisher dan juga konsumen yang tidak sabar mencoba.

 

Info menarik: iBag, Tas Pintar Untuk Anda Yang Shopaholic

 

Nyatanya, tidak semua game tie-in film merupakan permainan yang buruk. RoboCop hasil karya Glu Games yang juga baru-baru ini dirilis terbukti cukup baik untuk sebuah adaptasi film. Tidak mau ketinggalan, Gameloft bekerja sama dengan Marvel mengkombinasi beberapa jenis gameplay berbeda agar Captain America: The Winter Soldier terasa segar dan mengasyikkan.

Dalam permainan ini, Anda akan bertemu dengan tokoh-tokoh dalam komik dan film Captain Amerika sebelumnya. Pemain tentu saja akan berperan sebagai Captain America, dimana ia akan memimpin sekelompok prajurit S.H.I.E.L.D. melawan musuh-musuh dalam semesta Marvel.

Selain mode singleplayer campaign yang dijanjikan akan mengusung cerita orisinil yang 'terinspirasi' dari filmnya, The Winter Soldier juga memiliki mode multiplayer yang mengadu kemampuan Anda dengan pemain lain. Game ini tersaji dengan visual cell-shaded a la komik dengan gameplay integrasi antara aksi dan opsi-opsi taktis berbasis tim.

VP Marketing & Licensing Gameloft, Karine Kaiser, mengomentari, "Marvel sudah lama menjadi partner kami, dan sekali lagi kami bahagia bisa mengubah film blockbuster mereka menjadi game action yang mendebarkan. Pemain akan merasakan pengalaman menjadi Captain America sesungguhnya, didampingi karakter-karakter baik dari film dan juga komik."

 

Info menarik: Survei Steam Januari 2014: Nvidia Masih Menjadi Pilihan Gamer

 

"Kami merasa bangga dapat memperluas jagad Captain America: The Winter Soldier dengan permainan ini. The Winter Soldier melengkapi pengalaman yang kami ingin berikan untuk para penonton," tambah Javon Frazier, Games Marketing Vice President Marvel Entertainment.

Sejauh ini, Gameloft belum mengumumkan kapan tanggal tayang game The Winter Soldier. Namun kemungkinan besar, ia akan diluncurkan sebelum film layar lebarnya diputar di teater-teater layar lebar tanggal 4 April (atau 26 Maret untuk Anda yang berada di Eropa).

Silakan nikmati video trailer-nya.