Categories

Feature

Gamification dan Pentingnya Paham Berkendara dengan Baik

Dari gangguan jalan ke berkendara dengan aman: Mengevaluasi efek kebosanan dan gamifikasi pada perilaku mengemudi

Dewan Republikan - 9 August 2019

Kebosanan dan keterbatasan aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengemudi dapat menimbulkan risiko keselamatan jalan. Contohnya, kurangnya perhatian saat lalu lintas lengang, perjalanan rutin, atau saat mengemudi semi-otomatis. Gamification adalah istilah yang menjadi lebih sering terdengar ketika berbicara tentang inovasi organisasi dan partisipasi pengguna.

Sederhananya, ini adalah penggunaan mekanisme permainan untuk melibatkan dan memotivasi orang dalam peran mereka. Cara paling umum gamification dapat diaplikasikan adalah untuk memantau perilaku pengemudi. Dengan menggunakan teknologi telematika, sebuah perusahaan dapat melacak dan memantau pengemudi, dan memberikan sebuah hadiah(rewards) dan tips untuk mendorong peningkatan pengguna.

Di era digital ini, perusahaan dari hampir setiap industri mulai memperkenalkan elemen gamification ke tempat kerja. Sebagai contoh yang dianggap sebagai kampanye sukses adalah di industri penurunan berat badan dan kebugaran seperti Weight Watchers dan Fitbit yang telah terbukti berhasil sebagai alat rekrutmen suatu instansi. Contoh yang paling terkenal mungkin adalah gamification rekrutmen Angkatan Darat AS di tahun 2002 silam.

Jadi bagaimana relevansi gamification dengan industri keselamatan armada dan keselamatan pengemudi? Hal ini menjadi sangat relevan karena banyak alasan, dan banyak perusahaan telah mengetahui hal ini. Karena bagaimanapun edukasi itu penting dan lebih penting lagi, memikirkan bagaimana agar pesan mengenai pentingnya berkendara tersampaikan dengan baik kepada masyarakat usia produktif ini atau millenials. Berikut ini adalah bagaimana elemen-elemen permainan atau gamification dapat membantu mengelola armada, keselamatan, dan meningkatkan efektivitas program keselamatan pengemudi.

Praktik terbaik dalam gamification

Saat mempertimbangkan gamification, salah satu elemen terpenting adalah menentukan apa tujuan Anda dan seperti apa indikator kesuksesan itu nantinya. Contoh umum dalam gamification yang melibatkan perilaku mengemudi mencakup kecepatan serta peristiwa yang terkait dengan g-force seperti pengereman keras, akselerasi cepat atau membelokan kendaraan terlalu cepat. Beberapa contoh lain yang lebih sederhana seperti perilaku pengemudi, yaitu, ketika pengemudi menggunakan ponsel mereka saat mengemudi.

Untuk sebuah perusahaan atau organisasi yang baru mengenal gamification, dan tidak yakin bagaimana hal itu sesuai dengan budaya perusahaan mereka, melakukan pengujian dan pembelajaran adalah ide yang bagus. Menawarkan program dalam tahap BETA dapat memungkinkan karyawan atau pengguna untuk menguji coba gamification.

Keuntungan gamification

Cocok dengan jadwal yang padat
Pelatihan pengemudi berbasis gamification yang dikirimkan langsung ke ponsel atau tablet pengemudi dapat dilakukan atau “dimainkan” kapan saja, dengan cara yang sama seperti permainan video. Ini berarti, daripada mengambil waktu berharga saat ada pekerjaan lain, pengemudi dapat mengikuti pelatihan mereka kapan saja, misalnya saat menunggu klien atau di antara rapat. Ini cocok dengan jadwal padat pelajar modern yang hanya memiliki 1% waktu dalam seminggu untuk fokus pada pelatihan dan pengembangan.

Meningkatkan kepercayaan diri pengemudi
Ketika gamification berperan dalam program keselamatan pengemudi, hal itu dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri pengemudi dengan memungkinkan pengemudi melihat dan memantau kemajuan mereka sendiri; mirip dengan kemajuan yang mungkin dilakukan seseorang menggunakan Fitbit, misalnya. Gamification memberikan pujian yang pengguna butuhkan untuk mendorong pengguna untuk mengulangi kegiatan yang sama. Tugas yang sebelumnya biasa saja bisa tiba-tiba menjadi sangat menarik bagi pengemudi.

Atau dengan contoh lainnya adalah apa yang dilakukan oleh Toyota dalam kampanye gamification dengan membuat aplikasi iPhone yang mengubah pengisian daya ponsel Anda menjadi sebuah game. Game ini kemudian menunjukkan Anda papan peringkat dari semua orang yang mengisi daya ponsel mereka pada “waktu yang tepat” dan juga mendapatkan “medali”

Dengan generasi millenials, yang tumbuh dalam lingkungan yang sangat dekat dengan penggunaan teknologi, menawarkan gamification dapat menjadi cara yang efektif. Ketika semakin banyak perusahaan mulai menawarkan program-program semacam ini dan menanamkannya ke dalam budaya perusahaannya, penting untuk tetap berada di depan tren dan terus berinovasi tidak hanya dari sudut pandang manfaat pengguna, tetapi juga dari sudut pandang biaya operasional.

Itulah sebagian kecil tentang gamification yang dinilai dapat menunjang keberhasilan berkendara yang ramah lingkungan. Apakah Anda punya ide pengembangan produk yang tak kalah bermanfaat dari informasi tentang gamification di atas?

Daftarkan ide inovatif Anda sekarang juga di Toyota Fun/Code! Kesempatan Anda mendapatkan total hadiah senilai Rp 100.000.000 hanya sampai 3 Oktober 2019. Yuk, daftar sekarang di dly.social/toyotafuncode.


Disclosure: Artikel ini adalah hasil kerja sama DailySocial dan TOYOTA sebagai bagian rangkaian kegiatan TOYOTA Fun/Code 2019.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter