Berita

Gandeng Indosat Ooredoo, Spotify Hadirkan Kurasi Musik Unik dan Lengkap

Untuk berlangganan, Spotify di Indonesia tawarkan beragam metode pembayaran

Mendengarkan musik sesuai dengan selera dan mood personal saat ini semakin lebih mudah pilihannya dengan hadirnya layanan streaming musik terpopuler di dunia, Spotify. Resmi hari ini diluncurkan, Spotify menawarkan 30 juta lagu yang dapat didengar secara gratis di Android, iOS, desktop dan PlayStation.

Bermitra dengan Indosat Ooredoo, Spotify ingin menawarkan kebebasan kepada penggemar musik di Indonesia untuk bisa bereksplorasi mendengarkan berbagai jenis musik dimana pun berada.

“Setelah hadir di Asia tahun 2013 silam, akhirnya Spotify hadir di Indonesia. Diharapkan dengan hadirnya Spotify bisa dinikmati oleh masyarakat di Indonesia yang ingin mendengarkan musik dengan cepat, aman dan tentunya legal,” kata Managing Director Spotify Asia Sunita Karun.

Kehadiran Spotify nampaknya memang sudah dinantikan bukan hanya pendengar musik di Indonesia namun juga musisi dan label musik di Indonesia. Dengan sistem kurasi semua artis yang ada di Spotify bisa langsung didengarkan secara streaming oleh pengguna sesuai dengan genre dan pilihan yang ditawarkan.

“Spotify membawa pengalaman dan kenikmatan bermusik ke suatu level baru. Belum ada sebelumnya cara lebih mudah atau menyenangkan untuk mencari musik yang disuka,” kata Sunita.

Spotify premium untuk pilihan lebih

Saat ini Spotify mengklaim telah memiliki jumlah pengguna sebanyak 75 juta di seluruh dunia, 30 juta subscriber, 2 miliar playlist dan telah tersebar di 59 negara. Spotify bisa diunduh dan dinikmati secara gratis selamanya untuk para pengguna, namun jika pengguna ingin berlangganan secara premium, bisa mendaftarkan dan membayar setiap bulannya sebesar Rp 49.990.

Tentunya banyak manfaat yang ditawarkan untuk pelanggan premium Spotify, seperti On-demand, Ads Free dan High Definition Audio. Untuk pelanggan premium semua musik yang sudah disimpan (save) juga bisa mendengarkan saat tidak memiliki koneksi data atau internet (offline).

“Dari banyaknya pengguna baru yang telah mengunduh Spotify ke mobile dan desktop, pada umumnya sebanyak 25% langsung menjadi pelanggan premium kami dan memanfaatkan fitur serta fasilitas yang ada,” kata APAC Director of Comms Spotify Jim Butcher.

Tersedia pilihan pembayaran beragam untuk pengguna yang ingin mendaftarkan Spotify premium, di antaranya adalah melalui kartu kredit, internet banking, Doku Wallet, serta jaringan Alfamart, Lawson, dan toko Dan+Dan di seluruh Indonesia. Sementara itu penagihan melalui provider telpon akan tersedia mulai beberapa  bulan depan sesuai rencana.

Dalam acara peresmian Spotify di Indonesia, turut hadir Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli. Dengan pilihan paket IM3 Ooredoo Freedom Combos semua pengguna Indosat Ooredoo dapat menikmati layanan streaming musik dengan harga paket Rp 24.999 hingga Rp 39.999.

“Dengan kartu dan pilihan paket Indosat, pengguna Spotify dan indosat tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota saat mendengarkan Spotify di mobile dengan kartu indosat. Melalui Matrix Super Plan dan paket IM3 Freedom Combos Indosat Ooredoo memberikan kuota gratis bagi pengguna Spotify,” kata Alex.

Kurasi musik dan fitur pilihan

Selain menghadirkan kurasi musik yang lengkap dari musisi Indonesia hingga mancanegara, Spotify juga memiliki beberapa fitur menarik untuk pengguna. Seperti Karaoke, Trending, Sleep, Workout dan Running. Untuk fitur terakhir bisa di lihat langsung di pilihan Browse kemudian bisa langsung memilih fitur Running. Pilihan ini sangat tepat bagi penggemar olahraga yang secara rutin gemar melakukan jogging atau berolah raga di fitness center.

“Dengan memilih fitur Running, pengguna bisa memilih lagu sesuai genre yang diinginkan, aktifkan dan nantinya saat Anda mulai berlari musik akan disesuaikan dengan detak jantung Anda, semakin cepat Anda berlari semakin cepat nada musik yang akan dapat didengarkan di smartphone Anda,” kata Sunita.

Sementara itu untuk fitur Karaoke yang merupakan pilihan favorit pendengar di Asia, para pengguna dapat menikmati fitur karaoke dan menyanyikan lagu favorit hanya dengan menekan tombol “lyrics” pada aplikasi Spotify.

Untuk pilihan musik Indonesia keunikan dari Spotify dan tentunya yang membedakan dengan Apple Music dan lainnya adalah pilihan genre musik seperti Bali Lounge hingga musik Dangdut. Untuk memudahkan pengguna di Indonesia, tersedia juga versi bahasa Indonesia.

“Kami mencoba untuk memberikan pilihan yang unik, lokal dan diharapkan bisa diterima oleh seluruh pendengar musik Indonesia, musisi Indonesia melalui layanan streaming musik Spotify,” kata Jim Butcher.

Spotify palsu di iOS

Di hari peluncurannya Spotify Indonesia sempat diwarnai dengan hadirnya aplikasi palsu berbayar di Apps Store. Saya sendiri pengguna iOS sempat mengalami gangguan yaitu munculnya di halaman pertama Apps Store berupa aplikasi palsu dengan nama serupa dan logo yang hampir mirip dengan Spotify yang asli.

Menanggapi hal tersebut Sunita Kaur selaku Direktur Spotify untuk Asia mengucapkan permohonan maaf kepada pengguna iOS dan berjanji akan segera memperbaiki error tersebut secepatnya.

“Saya baru mendapatkan informasi pagi ini muncul aplikasi berbayar Spotify palsu di Apps Store, untuk itu kami minta maaf kepada semua pengguna iOS dan memastikan bahwa Spotify bisa diunduh gratis di android dan iOS,” kata Sunita.

Kehadiran Spotify meramaikan layanan streaming musik di Indonesia dan akan bersaing secara langsung dengan Apple Music, JOOX dan Guvera.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again