14 August 2014

by Bambang Winarso

Gandeng Operator 3, Smartphone Berbasis Sailfish OS 'Jolla' Mendarat di Hong Kong

Smartphone berbasis Sailfish OS, Jolla mulai merambah pasar Asia dengan sasaran pertama adalah Hong Kong, menurut Gigaom untuk membantu penjualan produknya di sana Jolla menggandeng operator lokal 3.

Ini adalah ekspansi perdana Jolla ke pasar Asia, rekam jejak Jolla sejauh ini memang belum sehebat Xiaomi atau OPPO. Namun ekspansi ke berbagai benua tampaknya sudah ada di benak petinggi Jolla. Pasar Asia sepertinya menjadi sasaran empuk Jolla, setelah Hong Kong mereka juga akan mendarat di India. Di tanah Bollywood Jolla kabarnya menggandeng retail Snapdeal untuk menangani penjualan di sana.

Smartphone Jolla ditawarkan dengan spesifikasi yang cukup berkelas, di bagian dalam tertanam sebuah prosesor dual core yang ditemani RAM berkapasitas 1GB dan memori internal 16GB. Komponen ini dikemas di balik layar 4,5 inci IPS qHD (960x540) dan juga kamera 8MP di bagian belakang serta 2MP di bagian depan. Mengakomodasi tren jaringan 4G, smartphone Jolla juga sudah sepenuhnya mendukung teknologi jaringan tersebut.

 

Info Menarik: Teaser Lumia 730 ‘Selfie’ Muncul, Perangkat Akan Dipamerkan di Ajang IFA 4 September Mendatang

 

Yang menarik dari smartphone besutan Jolla ada pada sisi sistem operasinya, alih-alih menggunakan Android atau Windows Phone seperti kebanyakan vendor, Jolla justru mengembangkan sistem operasi sendiri yang bernama Sailfish OS.

Sailfish OS merupakan kembangan dari warisan sistem operasi open source Meego yang dahulu sempat dikembangkan oleh Nokia. Pengguna smartphone ini tak perlu khawatir dengan dukungan aplikasi, sebab smartphone Jolla ini selain mendukung aplikasi untuk OS Jolla, juga mendukung aplikasi dan games berbasis Android.

Informasi lebih lengkap terkait penawaran smartphone Jolla dapat Anda peroleh di web resmi operator 3 lokal Hong Kong. Sebaiknya gunakan Google Chrome untuk mengubah bahasa yang ditampilkan oleh web tersebut.

Penawaran smartphone Jolla di Hong Kong menjadi batu lompatan bagi vendor ini sebelum merambah ke pasar-pasar Asia lain. Menurut laporan terbaru Jolla juga merekrut mantan pekerja Nokia untuk memuluskan ekspansi mereka ke benua Asia.

Sumber gambar header Three.