1. Startup

Gantibaju.com Sediakan Fasilitas Sign In Dengan Akun Facebook dan Beberapa Fitur Baru (Updated)

Berita terbaru dari pemenang SparxUp Award 2010 sebagai The Best Rising Star, Gantibaju.com, meski ini bukan berita tentang undangan makan-makan syukuran sebagai pemenang atau bagi-bagi baju gratis, tetapi bagi para pengguna Gantibaju.com beberapa pembaruan ini bisa jadi adalah fitur yang ditunggu.

Pembaruan yang pertama adalah fasilitas log masuk yang kini disediakan dengan fasilitas sign in menggunakan akun Facebook, fasilitas memberi komentar setelah melakukan vote, serta pemesanan kaos pre-order.

Gantibaju kini menyediakan fasilitas sign in dengan akun Facebook yang memudahkan pengguna untuk melakukan proses log masuk dengan akun Facebook mereka, pengguna akan diberikan pilihan untuk melakukan log masuk dengan akun Gantibaju atau menggunakan akun Facebook.

Penambahan fitur lain adalah fasilitas untuk memberikan komentar secara langsung setelah pengguna melakukan vote atas desain tertentu, kini setelah Anda membuka desain terentu dan melakukan vote atas desain tersebut, maka akan muncul kotak yang bisa diisi untuk memberikan komentar atas desain tersebut, komentar ini akan muncul pada timeline bersama dengan komentar dari pengguna lain.

Gantibaju juga dikabarkan akan merilis beberapa fitur lain, saya mendengar beberapa informasi antara lain sign in dengan akun Twitter untuk memudahkan log masuk dan mengintegrasikan akun Gantibaju dengan akun Twitter pengguna, seperti yang dilakukan pada fasilitas sign in dengan akun Facebook. Selain itu, saya juga mendengar Gantibaju akan mengubah beberapa tampilan lagi di situs mereka untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi pengguna mereka.

Kemarin saya juga diperlihatkan salah satu fasilitas yang berhubungan dengan Facebook, Gantibaju akan memberikan fasilitas yang lebih luas selain memudahkan log masuk, namun fasilitas ini sepertinya masih belum rilis secara umum, karena belum tersedia di web mereka. Fasilitas ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan share ke wall Facebook setelah pengguna memberikan komentar atas desain tertentu, jadi konten yang dituliskan, voting atau komentar bisa langsung dibagikan ke wall Facebook.

Satu lagi fasilitas tambahan yang menjadi program dari Gantibaju.com (telah berjalan dari akhir bulan Oktober) adalah sistem kaos pre-order (updated, lihat bagian bawah artikel), fasilitas pre-order ini merupakan layanan yang diberikan Gantibaju untuk desain kaos yang tidak melalui sistem voting, pengguna bisa memesan desain dan tema yang telah ada, dalam jangka waktu atau jumlah tertentu Gantibaju akan memproduksi kaos ini. Saat tulisan ini ditulis kaos pre-order ini bertema tentang letusan gunung Merapi dan Tsunami di Wasior, dengan harga Rp 100.000 (atau lebih sebagai sumbangan) pengguna bisa mendapatkan kaos dengan desain khas Gantibaju.com, program ini juga merupakan progam amal, karena seluruh keuntungan akan disumbangkan ke Palang Merah Indonesia.

Beberapa fitur yang ada memang bukan killer feature, misalnya sign in dengan akun Facebook, yang bisanya menjadi fasilitas 'standar' dari sebuah situs yang bermain di komunitas pengguna atau yang berfokus pada pengguna (UGC), namun beberapa fasilitas tambahan ini bisa menambah interaksi serta mem-push konten dari situs Gantibaju ke layanan lain, di mana banyak pengguna yang menggunakan, misalnya Facebook.

[blackbirdpie url="http://twitter.com/rajasa/status/2347699730915329"]

Gantibaju yang beberapa waktu lalu merombak tampilan situs mereka juga tengah berekspansi dengan menempatkan iklan di salah satu radio di Jakarta, Tweet dari Aria Rajasa, yang bisa dilihat di tautan ini menjelaskan bahwa Gantibaju menempatkan iklan di radio ternama di Jakarta, dan sepertinya penempatan iklan ini merupakan proses beli spot iklan, karena jika melihat situs Gantibaju, tidak ada tautan atau banner radio tersebut, well, mungkin saja Gantibaju kini sudah mulai mencoba mengiklankan layanan mereka untuk menambah luas pangsa pasar.

Ok, kita liat fitur apa yang akan mereka luncurkan lagi, sepertinya mereka akan merilis beberapa pengumuman tentang pembaruan pada layanan mereka sekitar minggu depan, apakah ini berhubungan dengan ekspansi besar-besaran setalah mendapatkan dana segar dari kemenangan SparxUp? Atau pengumuman free entry winning party dan kaos gratis, well, mari berharap bersama. :D

Upadate: Aria Rajasa dari Gantibaju.com mengirimkan email untuk memberikan penjelasan bahwa, sistem pre-order yang sekarang ini merupakan program khusus untuk membentuk korban letusan Gunung Merapi, bukan fitur permanen dan bukan menjadi fasilitas pre-order untuk desain-desain yang dikompetisikan di Gantibaju.com. Berikut penjelasan lengkap dari Aria.

Mo sedikit klarifikasi aja mengenai artikel penambahan fitur di gantibaju.com. Jadi fitur pre-order tersebut hanya untuk program kami dalam membantu korban merapi kok. Bukan fitur permanen dan tidak bisa digunakan untuk preorder desain yang dikompetisikan. Atau ya kalaupun nanti ada, sekarang si belum kepikiran buat diimplementasikan :P Although it is quite an interesting idea :)
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again