1. Startup

Gabungan Perang a la Mecha dan Tokoh Pewayangan di Game Baru Garata: The Battle of Bharatayudha

Kabar terbaru datang dari salah satu pengembang game indie Tanoshii Creative. Baru-baru ini, studio game yang berbasis di Depok tersebut meluncurkan game terbarunya yang berjudul Garata: The Battle of Baratayudha. Game online mobile ini berlatar belakang periode perang Bharatayuda yang sudah lama dikenal sebagai salah satu kisah pewayangan di nusantara. Penasaran seperti apa? Simak ulasan kami berikut ini.

Garata adalah game online perang robot (mecha) yang dapat dimainkan di platform mobile web/wap browser apapun dengan didukung oleh platform KotaGames yang mendukung pengalaman a la social media dan dapat dinikmati baik pengguna feature phone maupun smartphone asal terkoneksi dengan internet.

Seperti yang tertulis di paragraf sebelumnya, Garata mengambil tema yang cukup unik yaitu perang Bharatayudha, yang sangat melekat di tengah-tengah masyarakat karena kisah tokoh pewayangannya yang menjadi lakon dari kisah perang tersebut. Dalam arti kata lain, pemain akan merasakan pengalaman cerita rakyat pewayangan Indonesia yang berdasarkan dari kisah perang Baratayudha tersebut.

Tanoshii Creative mengenalkan beberapa karakter Pandawa yang sudah tak asing lagi di telinga masyarakat seperti: Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa serta keluarga Kurawa. Tak hanya itu, tokoh-tokoh ikonik lainnya seperti Gatot Kaca, Garuda, Punakawan, dan Hanoman juga turut serta hadir sebagai tokoh yang dapat dimainkan oleh pemain, sebagian merupakan in-app purchase.

Garata adalah representasi spesies Robot Perang (Mecha) Wayang yang hidup di Galaksi Baratayudha. Tema dipilih secara hati-hati dan disesuaikan dengan tema yang lebih familiar dengan pasar internasional (tema robot dan fiksi ilmiah) dan dikombinasikan dengan tema lokal yaitu tema pewayangan.

Oscar Kurniawan selaku Game Producer dari Garata dan juga Direktur Eksekutif dari Tanoshii Creative berujar, “Kami mengundang pemain untuk mencoba, mengalami, dan menolong kami untuk meningkatkan mutu permainan ini dengan menyediakan umpan balik. Kunci dari permainan ini terletak dari kekuatan komunitas, jadi kami ingin komunitas pemain terlibat sejak awal. Sebagai hadiah untuk teman-teman pemain beta, kami memberikan karakter spesial yaitu Garata edisi terbatas berupa Garata Garuda Perak.”

Game Garata sendiri telah memasuki fase final rilis di platformKotaGames. Sebelumnya, Garata juga telah dipamerkan sebagai salah satu Indie Prize Showcase untuk Casual Connect Asia 2013 di Singapura beberapa waktu lalu. “Kita sangat senang dengan perjalanan ini. Proses yang kami alami saat mengembangkan permainan ini terus memotivasi kami untuk tetap maju dan membuat permainan yang lebih baik lagi.” Tambah Oscar.

Bagi pengguna platform populer lainnya seperti iOS dan juga Android, Tanoshii Creative juga sedang berencana untuk menggodok rilisan Garata dalam kedua versi tersebut, dan juga akan merilis Garata di platform mobile social games lainnya seperti Gempon dalam waktu dekat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again