1. Lifestyle

Gartner: Android Kuasai 62% Pangsa Pasar Tablet 2013

Setelah menguasai pasar smartphone, Android akhirnya berhasil untuk menguasai juga pasar tablet. Paling tidak berdasarkan laporan terbaru dari Gartner, sepanjang tahun 2013 sistem operasi besutan Google tersebut telah berhasil meraih 62% pangsa pasar tablet.

Masih dari laporan yang sama, secara keseluruhan pasar tablet mengalami pertumbuhan sebesar 68% pada tahun 2013. Gartner menyatakan sebanyak lebih dari 195 juta unit tablet telah terjual selama 2013. Laporan Gartner ini cukup konsisten dengan laporan dari lembaga analisis pasar lain seperti IDC yang menyatakan bahwa angka shipment tablet telah mencapai lebih dari 217 juta unit.

Jika didetilkan berdasarkan sistem operasi, tablet-tablet berbasis Android terjual sebanyak lebih dari 120 juta unit dan menguasai 62% pangsa pasar tablet. Sementara tablet-tablet berbasis iOS terjual sebanyak lebih dari 70,4 juta unit dengan pangsa pasar sebesar 36%. Perangkat-perangkat tablet berbasis sistem operasi buatan Microsoft (Windows 8 dan Windows RT) hanya mampu meraih angka penjualan yang sangat sedikit yakni sekitar 4 juta unit.

Menurut Roberta Cozza, direktur riset Gartner, "pada tahun 2013, tablet telah menjadi fenomena yang mainstream dengan begitu banyaknya pilihan tablet berbasis Android [dengan harga yang] terjangkau oleh konsumen mainstream dan tetap memiliki spesifikasi yang cukup baik".

Berdasarkan produsen, Apple masih memimpin pasar tablet dengan angka penjualan 70,4 juta unit tadi. Samsung berada di posisi kedua dengan torehan angka penjualan sebesar 37,4 juta unit. Selanjutnya, Asus, Amazon, dan Lenovo masing-masing melengkapi daftar lima besar produsen dengan angka penjualan terbesar ini.

Laporan selengkapnya dari Gartner bisa diakses pada tautan ini.

 

[gambar cover via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again