1. Lifestyle

Gartner: Penjualan Komputer Personal Turun 8,6% di Q3

Tren buruk belum kunjung juga berakhir bagi industri komputer personal. Angka penjualan komputer personal yang mencakup desktop, laptop, dan netbook diperkirakan mengalami penurunan sebesar 8,6% di Q3 2013 jika dibandingkan dengan Q3 2012. Dengan hasil kuartal ketiga ini, untuk keenam kalinya secara berturut-turut angka penjualan per kuartal komputer personal mengalami penurunan.

Meski industri komputer personal sedang lesu, Lenovo justru semakin kokoh di industri ini. Dengan estimasi angka penjualan sebesar 14,1 juta dari total 80 juta komputer personal yang terjual selama kuartal ketiga 2013, Lenovo menguasai 17,6% pangsa pasar komputer personal. Sementara di peringkat kedua dan ketiga, HP dan Dell masing-masing diperkirakan mencatatkan angka penjualan sebanyak 13,7 juta dan 9,3 juta unit.

Ketiga produsen tadi menjadi satu-satunya produsen komputer personal yang masih memiliki laju pertumbuhan pasar yang positif. Itu pun dengan angka pertumbuhan yang cukup kecil yakni 2,8% untuk Lenovo, 1,5% untuk HP, dan 1% untuk Dell. Seluruh produsen komputer personal lainnya mengalami laju pertumbuhan negatif dari Q3 2012 ke Q3 2013.

Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat tabel berikut ini atau melihat langsung siaran pers dari Gartner di tautan ini. Perlu diingat bahwa Gartner menggunakan angka pengiriman (shipment) dalam memperkirakan angka penjualan di laporan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again