1. Lifestyle

Gartner: Pasar PC Akan Terus Turun Sementara Pasar Tablet dan Smartphone Naik

Belum lama sejak Gartner merilis laporan mengenai pasar komputer personal untuk kuartal ketiga 2013, lembaga riset dan analisis pasar tersebut kembali mengeluarkan laporan lagi. Kali ini, Gartner memprediksi pertumbuhan pangsa pasar perangkat komputer personal, tablet, dan ponsel pintar sekaligus.

Jika digabungkan, ketiga kategori perangkat komputasi tersebut pada akhir 2013 diprediksikan akan mengalami pertumbuhan selama 4,5% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Gartner memperikirakan terdapat paling sedikit 2,32 milyar total perangkat komputer personal, tablet, dan ponsel pintar yang akan terjual selama tahun ini.

Sayangnya, prediksi Gartner ini pun belum membawa berita baik bagi industri komputer personal. Di antara ketiga kategori perangkat tersebut, komputer personal menjadi satu-satunya perangkat yang diperkirakan akan mengalami laju pertumbuhan negatif sebesar 8,4 persen. Ponsel pintar disebut akan mengalami laju pertumbuhan 3,7%, sementara tablet meraup laju pertumbuhan tertinggi dengan angka 53,4%.

Meningkatnya laju pertumbuhan tablet, menurut Gartner, disebabkan oleh popularitas perangkat-perangkat tablet murah berukuran 7 inci hingga 8 inci. Dalam survey yang dilakukan terhadap 21.500 konsumen, sebanyak 47% responden menyatakan bahwa mereka memiliki tablet berukuran 8 inci atau kurang.

Tabel lengkap prediksi pangsa pasar perangkat elektronik di 2013 dan 2014 dari Gartner bisa dilihat pada tabel berikut ini. Laporan lengkapnya bisa Anda baca di situs Gartner pada tautan ini.

 

[gambar via]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again