1. Lifestyle

Gartner: Penjualan Smartphone Kini Berkontribusi Sebesar 55% Terhadap Keseluruhan Pasar Ponsel

Menyusul lembaga-lembaga analisis pasar lain yang sudah lebih dulu mengeluarkan laporannya, Gartner baru-baru ini mengeluarkan laporan pangsa pasar industri mobile untuk Q3 2013.

Salah satu poin utama dari laporan ini adalah temuan Gartner yang menyatakan bahwa pada Q3 2013 lalu 55% perangkat mobile yang dijual di dunia adalah perangkat ponsel pintar. Angka persentase ini merupakan catatan tertinggi yang diraih oleh ponsel pintar sepanjang sejarah. Jika tren ini terus berlanjut, maka dalam waktu yang tidak lama lagi bisa jadi feature phone akan punah sama sekali tergantikan oleh ponsel pintar yang semakin lama harganya semakin terjangkau bagi konsumen.

Senada dengan laporan IDC, Gartner juga mengungkapkan bahwa pangsa pasar sistem operasi Android telah menembus angka 81%. Sementara iOS di posisi kedua memiliki pangsa pasar 12,1%. Microsoft dengan Windows Phone besutannya kini sudah memiliki pangsa pasar dua kali lipat dari BlackBerry, meskipun dengan persentase hanya 3,6% jelas Windows Phone masih belum menjadi ancaman berarti bagi duopoli Android dan iOS.

Berdasaran produsen, Samsung masih stabil di posisi puncak dengan pangsa pasar 32,1%. Apple juga stabil di posisi kedua dengan persentase 12,1%. Tiga tempat teratas selanjutnya diisi oleh Lenovo, LG, dan Huawei dengan masing-masing memiliki pangsa pasar sebesar 5,1%, 4,8%, dan 4,7%.

Terakhir, untuk komposisi pasar perangkat ponsel secara keseluruhan (yang mencakup ponsel pintar dan feature phone), kondisinya juga cukup mirip. Perbedaan utama hanya Nokia yang masih kuat di ranah feature phone sehingga berhasil mengambil tempat di posisi kedua, mengalahkan Apple.

Laporan lengkap dari Gartner bisa Anda simak pada tautan ini.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again