Categories

Gadget

Gelas The Right Cup Bisa Ubah Air Putih Jadi Minuman Rasa Buah-Buahan

The Right Cup bekerja dengan cara mengecoh otak, supaya Anda berpikir bahwa air putih yang sedang ditenggak memiliki rasa.

Yoga Wisesa - 21 December 2015

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan anjuran untuk selalu minum air putih. 60 persen bobot tubuh kita dipengaruhi kadar cairan, dan zat ini secara konstan selalu hilang (saat bernafas, pergi ke toilet atau berkeringat). Meski kita tahu air putih merupakan jenis cairan terbaik, seringkali kita lebih memilih minuman ‘rasa’ dalam kemasan ataupun produk lain yang kurang menyehatkan.

Untuk Anda penggemar minumam manis dan beraroma, namun ingin mengubah kebiasaan tersebut, seorang peneliti sekaligus inventor bernama Isaac Lavi punya jalan keluarnya. Ia memperkenalkan The Right Cup, yaitu cangkir unik dengan kemampuan ‘menipu otak’ supaya Anda berpikir bahwa air putih yang sedang ditenggak itu memiliki rasa. Dan pada akhirnya, target minum delapan gelas air sehari bisa tercapai.

Pasti muncul pertanyaan di benak Anda. Pertama, bagaimana cara The Right Cup melakukannya? Tim developer menuturkan, sebetulnya lidah kita hanya dapat mengecap lima sensasi: manis, pahit, asam, asin, dan gurih (umami). Faktanya, 80 persen rasa makanan dipengaruhi indra penciuman. Ketika hidung tersumbat, Anda akan kesulitan membedakan rasa. Metode inilah yang dimanfaatkan di The Right Cup.

The Right Cup 03

Alih-alih memberikan rasa pada air, developer membenamkan wangi-wangian di gelas. Desainnya diusung sedemikian rupa agar aroma segera tercium begitu lidah Anda menyentuh air. Hasilnya, otak dikecoh seolah-olah kita sedang menikmati cairan dengan rasa. The Right Cup menyajikan solusi atas beragam hal: jika anak-anak susah minum air, Anda kecanduan minuman manis, berusaha diet, atau harus menghindari minuman bergula karena diabetes.

Pertanyaan selanjutnya tak kalah penting: apakah The Right Cup aman? Isaac Lavi dan tim menjaminnya. The Right Cup memanfaatkan ‘perasa’ makanan bersertifikasi FDA, dan menggunakan material plastik bebas-BPA. Bahan-bahan tersebut sama sekali tidak masuk ke tubuh, dan minum air dari The Right Cup sebetulnya sama seperti dari gelas biasa.

The Right Cup 01

The Right Cup mempunyai dimensi 113,5×81,3-milimeter, bisa menampung maksimal 320ml cairan. Ia terdiri atas tiga komponen; cangkir internal, cup eksternal, dan bagian cincin di bibir gelas. Tentu saja, aroma perlahan-lahan akan menghilang begitu Anda mengeluarkannya dari bungkus. Wangi dapat bertahan selama kurang lebih enam bulan, dan agar awet, kita disarankan mencucinya tanpa mesin serta menaruhnya dalam posisi terbalik.

The Right Cup dapat dipesan sekarang di situs Indie Gogo, dengan pilihan aroma mixed berry, jeruk, apel, lemon, peach dan kola. Di sana ia ditawarkan seharga mulai dari US$ 50 untuk dua buah gelas. Pengiriman bagi para pemesan dijadwalkan akan diproses di bulan April 2016.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id