Gelora Tawarkan Kemudahan “Booking Venue” dan Cari Teman Olahraga

Gelora Tawarkan Kemudahan “Booking Venue” dan Cari Teman Olahraga

Sudah mengikuti Google Developer Launchpad, menggaet 75 venue olahraga di Jabodetabek
Gelora Tawarkan Kemudahan Booking Venue dan Cari Teman Olahraga / Gelora
Gelora Tawarkan Kemudahan Booking Venue dan Cari Teman Olahraga / Gelora

Segmen wellness kini mewarnai peta startup Indonesia, seiring meningkatnya perekonomian masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah Gelora, situs untuk booking venue olahraga. Startup ini dirilis pada Mei 2019 dan telah mengikuti Google Developer Launchpad.

Co-Founder dan COO of Gelora Abidzar Basaib menerangkan, Gelora hadir karena permasalahan yang dialami banyak orang saat ingin berolahraga, yakni mencari tempat dan jumlah teman yang cukup.

“Inisiasi awalnya dengan membentuk komunitas untuk olahraga bersama, tapi karena besarnya minat, akhirnya kita kerja sama dengan berbagai penyedia lapangan untuk buka akses booking dan mencari lebih banyak lagi teman olahraga secara online,” terangnya kepada DailySocial.

Abidzar menekankan pembeda Gelora dengan pemain sejenis terletak di fitur “Open Play”. Ini adalah fitur yang membuka jadwal aktivitas untuk siapapun yang ingin berolahraga tim, tapi sulit mendapatkan akses lapangan dan mengumpulkan teman.

Misalnya, saat mau main basket, tapi untuk sekali mainnya harus menyewa satu lapangan dengan minimal 10 orang. Bagi masyarakat urban, tentunya ini jadi kendala tersendiri, belum lagi harus mencari lapangan yang strategis.

“Penggiat olahraga bisa langsung memilih jenis olahraga yang diinginkan, sesuai dengan jarak kedekatan, tanpa perlu repot memikirkan partner untuk bermain. Di Gelora, mereka bahkan bisa bertemu dengan komunitas baru yang pastinya lebih menyenangkan.”

Dalam rangka permudah booking, Gelora mengumumkan kerja sama dengan GoTix sebagai partner ticketing channel. Gelora merilis voucher khusus Gelora+ yang sudah dilengkapi dengan beragam keunggulan dan penawaran.

“Pembeli bisa mendapat satu kali free trial, serta Gelora Pass untuk mengikuti aktivitas olahraga yang tersedia di laman situs kami.”

Model bisnis dan target Gelora

Abidzar menjelaskan saat ini Gelora telah memiliki 75 rekanan venue lapangan olahraga tersebar di Jabodetabek, seperti GBK, Arena Senayan, F7 Mini Soccer Simatupang, Buls Arena Panglima Polim, dan masih banyak lagi. Per bulannya, terdapat lebih dari 80 aktivitas olahraga yang dapat dipesan melalui situs.

Untuk jumlah booking, dia mengklaim ada pertumbuhan hingga 80% per bulannya. Kebanyakan datang dari booking untuk olahraga sepak bola, futsal, basket, dan badminton.

Model bisnis Gelora adalah pembagian komisi. Apabila ada transaksi pemesanan yang berhasil, Gelora akan mendapat bagian, meski persentasenya enggan disebutkan oleh Abidzar.

“Mayoritas rekanan kami merupakan venue olahraga yang memiliki kualitas baik dan lokasi strategis. Skema kerja sama yang kami tawarkan adalah bantu digitalisasi lapangan olahraga untuk menjangkau pasar yang lebih luas, serta pembayaran secara online.”

Ke depannya, dia menargetkan akan ekspansi menambah lebih banyak rekanan lapangan hingga ribuan fasilitas olahraga di Indonesia. “Sehingga visi kami untuk membantu 1 juta orang untuk berolahraga melalui platform Gelora setiap harinya dapat terwujud,” tutupnya.

Selain Gelora, pemain lainnya yang sudah lebih dahulu hadir dengan konsep sejenis ada beberapa. Misalnya, Fits.id, The Fit Company, ClassPass, Fibo, dan Doogether.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…