25 June 2014

by Bambang Winarso

Genap Berusia 3 Tahun, Unduhan LINE dan Aplikasi Keluarga Sentuh Angka 1 Miliar

Bulan Juni ini bisa jadi adalah bulan terbaik bagi LINE, pasalnya tepat pada 21 Juni 2014 jumlah unduhan aplikasi utama LINE dan keluarga - terdiri dari 13 item - menyentuh angka 1 miliar. Sebuah pencapaian yang istimewa tentunya, terlebih 23 Juni kemarin LINE juga merayakan ulang tahun yang ke-3.

Perjalanan LINE selama tiga tahun terbilang sangat impresif, sejumlah fitur dan layanan baru juga dihadirkan selama perjalanan tersebut. Sejak dilahirkan 23 Juni 2011 silam, LINE bertransormasi dari aplikasi berkonsep sederhana dengan layanan utama berupa pesan chat gratis menjadi sebuah platform dengan integrasi berbagai layanan.

 

Info Menarik: Hisense Sero 8 Dilepas dengan Banderol $129

 

Setelah itu selama rentang 2011 dan 2013 LINE menambahkan beberapa fitur di antaranya panggilan gratis dan stiker. Di tahun tersebut LINE juga mulai melebarkan sayap dengan meluncurkan aplikasi keluarga, terhitung LINE kini memiliki 13 aplikasi keluarga sehingga total ada 14 aplikasi termasuk LINE sendiri.

Dengan basis pengguna sebanyak 470 juta di seluruh dunia, LINE cermat memanfaatkan keunggulan yang dimiliki. Tak heran jika aplikasi keluarga yang dirilis oleh LINE paling sedikit diunduh oleh 10 juta orang yakni LINE Whoscall. Yang paling banyak diunduh dari semua aplikasi keluarga LINE adalah LINE Camera dengan angka unduhan sebanyak 90 juta.

Info Menarik: Nokia X2 Resmi Diperkenalkan

Semua aplikasi keluarga LINE terintegrasi dengan aplikasi utama LINE, sehingga memudahkan pengguna untuk berkomunikasi atau menikmati layanan-layanan lain yang ditawarkan. Total saat ini LINE menawarkan 63 layanan meliputi game, tool, konten digital, media hingga hiburan. Semuanya terangkum dalam tiga kategori layanan utama antara lain LINE Camera, LINE GAME dan LINE PLAY.

Meski bukan satu-satunya pemain di kategori aplikasi pesan, LINE tampaknya mampu bersaing dengan aplikasi lain seperti WhatsApp, BlackBerry Messenger, WeChat, KakaoTalk, Viber, Skype dan lain sebagainya. Sangat mengesankan, selamat ulang tahun LINE.