1. Startup

Genap Dua Tahun Beroperasi, Situs Peralatan Eksplorasi Kucari Luncurkan Situs Mobile, Program Afiliasi, dan Quick Order

Kucari, situs e-commerce yang mengkhususkan pada bidang industri tambang dan mineral tak terasa sudah hadir dua tahun. Untuk lebih memperkokoh posisi di bisnis digital di Indonesia, bertepatan dengan ulang tahunnya yang kedua ini, Kucari melakukan banyak perubahan yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas serta pelayanan termasuk tampilan situs yang baru dan tiga fitur tambahan.

Tak sekadar memperbaharui tampilan situsnya, Kucari menambahkan tiga fitur tambahan seperti Kucari Affiliate, metode pembayaran Mandiri Clickpay dan Quick Order, dan terakhir adalah persiapan untuk menghadirkan tampilan mobile untuk mengakomodir peningkatan pengunjung dari perangkat ponsel yang mencapai sebanyak 20 persen.

Dengan Kucari Affiliate, para partner Kucari bisa mendapatkan tautan khusus yang sudah diberi kode pelacak (tracking) sehingga setiap transaksi yang datang dari affiliate akan diketahui oleh sistem afiliasi penjual.

“Jika penjualan memenuhi kriteria afiliasi maka affiliate akan mendapatkan komisi dari penjualan tersebut. Komisi berjenjang sebesar dua hingga lima persen berdasarkan kategori yang akan dibagikan pada tiap-tiap transaksi valid yang dilakukan melalui media iklan yang terpasang pada blog, website, atau akun social media publisher tersebut,” ujar Dadan Darmawan, founder Kucari.

Fitur Quick Order memungkinkan pelanggan untuk membeli produk tanpa melakukan registrasi atau melalui shopping cart. Pelanggan hanya perlu mengisi nama, alamat dan nomor telepon di formulir yang disediakan pada masing-masing halaman produk. Perhitungan ongkos kirim juga diotomatisasi dengan menggunakan database JNE.

“Diharapkan fitur ini dapat meningkatkan penjualan melalui channel online. Selain fitur Quick Order kami juga memperbaiki proses checkout dengan hanya satu langkah saja,” tutur Dadan.

Dadan juga mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan mobile website melihat jumlah pengunjung dari mobile sudah lebih dari 20 persen, "namun karena produk yang kami jual yaitu B2B (business to business) jadi masih sangat kecil user membeli via shopping cart. 70 persen penjualan masih melalui offline."

Kucari yang sejak awal memang menyasar pangsa pasar industri menjual berbagai peralatan di bidang teknik industri seperti perangkat GPS (Global Positioning System), Surveying Instruments, Test & Measurement, Radio & Satelite Communication, Telecommunication Tester, Peralatan Marine atau Kelautan, Alat Teknik, Alat Ukur atau Uji, Perkakas dan Peralatan Geologi. Kucari telah memiliki sekitar 5000 produk dalam katalognya dengan lebih dari 200 kategori dan 250 brand yang ada di website.

“Dikarenakan produk kami adalah produk industrial jadi ada tantangan sendiri karena setiap akan memasukan satu produk harus kita pelajari spesifikasi dan cara pakainya, lalu baru bisa diupload ke website,” tutur Dadan.

Kemudahan lain yang diberikan adalah penambahan fitur metode pembayaran menggunakan Mandiri Clickpay bekerjasama dengan payment gateway Veritrans. “Ini akan memudahkan pengguna untuk membeli produk melalui internet banking secara langsung, pengguna tidak perlu lagi pergi ke bank atau ATM."

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again