1. Startup

Gencarkan Kegiatan Pemasaran, Yonder Music Ambisius Kejar 1 Juta Pengguna

Fokuskan pada konten musik lokal; saat ini sudah menembus hingga 750 ribu pengguna

Meski akhir tahun sudah dipenghujung mata, Yonder Music yang merupakan mitra ekslusif XL Axiata tetap optimistis dapat menembus jumlah pengguna 1 juta orang sampai akhir tahun ini. Beberapa kegiatan pemasaran yang bakal dikebut adalah memperbanyak konten musik eksklusif untuk penggunanya, menggelar kompetisi, menggelar konser gratis dan menerbangkan pengguna loyal ke konser internasional.

"Kami sadar konten itu adalah hal yang penting dan jadi salah satu trigger pengguna untuk terus memakai Yonder. Kami akan kejar 1 juta pengguna sampai akhir tahun ini, makanya strateginya harus berbeda dari pemain streaming musik lainnya," ujar Country Manager Yonder Music Zico Kemala Batin, Jumat (18/11).

Terhitung saat ini jumlah pengguna aktif Yonder Music di Indonesia mencapai 750 ribu orang. Adapun dari segi lokasi pengguna rata-rata berada di kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Bali, Medan dan berbagai kota lain, terutama yang sudah didukung oleh jaringan 4G/LTE.

Zico menerangkan, Yonder Music fokus mengembangkan konten musik lokal. Dia mengklaim jumlah lagu lokal yang bisa didengarkan adalah terlengkap dibandingkan kompetitor. Pihaknya juga sudah bekerja sama dengan 48 label musik lokal dan tiga label musik internasional, bila ditotal jumlah lagu di Yonder Music lebih dari 20 juta lagu.

Lagu yang dihadirkan Yonder Music adalah legal dan siap unduh. Pengguna juga diberikan kebebasan tanpa ada intervensi iklan. Zico mengatakan pihaknya menerapkan pembayaran royalti merata untuk seluruh artis. Adapun proporsinya adalah 75% pembayaran royalti untuk label, sementara sisanya masuk ke kantong Yonder.

Perlakuan yang sama juga diterapkan untuk lagu-lagu yang sudah diunduh, di mana rata-rata penggunanya tidak memakai data. Cara pengitungannya berdasarkan hit, berapa kali lagu diputar.

"Bisa dibilang cara pembayaran royalti kami ke label musik adalah terbesar dibandingkan kompetitor, karena kami treat-nya sama."

Head of OTT XL Axiata Diana Sulaiman menambahkan, "Dari data pengguna internet di XL, kami melihat pemakaian data untuk streaming musik adalah salah satu tertinggi. Ke depannya bersama Yonder akan terus meningkatkan pengalaman bermusik yang lebih eksklusif untuk pengguna kami."

Saat ini Yonder Music hanya bisa diakses oleh pengguna XL Axiata dan Axis tanpa perlu pendaftaran. Pengguna XL cukup mengakses layanan musik ini dengan berlangganan paket data yang dilanggan.

Tahun depan,rencananya XL Axiata akan menambah kerja sama ekslusif dengan pemain OTT untuk streaming video. Menurut Diana, rencana ini diharapkan bisa game changer untuk layanan OTT. Kendati demikian pihaknya enggan memberikan detil lebih lanjut. Saat ini XL Axiata memiliki kontrak ekslusif untuk layanan OTT video streaming Tribe.

Makin maraknya kerja sama ekslusif antara perusahaan operator dengan penyedia layanan OTT bisa dikatakan sebagai strategi baru untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan dari data, disamping mulai meredupnya frekuensi penggunaan suara dan pesan singkat.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again