1. Startup

Get In The Ring 2013: Ajang Kompetisi Yang Pertemukan Entrepreneur Dengan Investor

Acada demi acara yang dibuat bagi para penggiat entrepreneur di industri digital memang seolah tak ada habisnya, setelah beberapa waktu lalu event Startup Weekend Jakarta diadakan untuk memfasilitasi para pemilik ide kreatif untuk mengembangkan idenya, kini hadir satu lagi acara yang sebaiknya tidak dilewatkan oleh para entrepreneur dalam mengembangkan usaha kreatifnya. Acara tersebut bernama Get In The Ring. Acara ini digagas untuk mempertemukan para wirausahawan dengan para investor berpotensial yang mampu membantu mengembangkan usaha mereka.

Dikutip dari rilisan yang dikirimkan ke redaksi kami, Get In The Ring (GITR) adalah sebuah konsep acara non-profit yang diprakarsai oleh Pusat Kewirausahaan Erasmus untuk mempertemukan pengusaha di bidang teknologi kreatif dari seluruh dunia dengan para investor. Acara ini juga diharapkan mampu menginspirasi pengunjung untuk memulai perjalanan kewirausahaannya.

GITR akan diisi dengan ajang The Investment Battle yang mengajak para wirausahawan untuk mengamankan investasi mereka hingga berjumlah € 1.000.000. Menurut jadwal, kompetisi ini akan berlangsung antara bulan Juli hingga November mendatang dan ditutup dengan acara Grand Final pada perhelatan akbar Global Entrepreneurship Week di Belanda pada 22 November 2013.

The Investment Battle ini sendiri merupakan kompetisi yang terdiri dari tiga putaran yang masing-masing memiliki nama unik tersendiri. Pada putaran pertama yang disebut dengan ‘The Nationals’ negara yang didaulat menjadi tuan rumah memiliki tanggung jawab mencari pengusaha berpotensial untuk menjadi pilihan terbaik di negara mereka. Selanjutnya, pengusaha-pengusaha yang terpilih tersebut nantinya akan diadu dalam ajang pitching pada putaran kedua yang disebut dengan ‘The International Clash’, di Sprout Challengerday (sebuah acara kewirausahaan terbesar di Belanda).

Setelah dua putaran tersebut selesai diadakan, tahap penilaian akhir akan diambil dari tim panel investor yang berpengalaman serta dari para pengunjung Sprout Challengerday yang akan digodok untuk menemukan hasil penilaian akhir yang akan menghasilkan keputusan untuk memajukan sebanyak delapan pengusaha yang akan memperoleh kesempatan untuk melakukan pitching di depan empat juara internasional dalam ajang final Get In The Ring.

Pada gelarannya di Indonesia, acara GITR ini akan menyeleksi peserta dalam dua program dalam dua putaran yang akan diadakan pada ajang Indonesia’s Circle of Entrepreneurs Festival “ICE Fest” yang menurut rencana akan diselenggarakan pada tanggal 3-7 September 2013 bertempat di gedung SMESCO Jakarta. Dalam ajang ini, pada putaran pertama sebanyak 40 pengusaha terpilih akan diseleksi pada Final Regional yang berlangsung pada tanggal 3-6 September 2013, setelah itu delapan pemenang terpilih dari putaran awal tersebut akan berhak mengikuti seleksi Final Nasional yang akan dilangsungkan pada tanggal 7 September 2013 mendatang.

Kedua tahap kompetisi ini akan dihadiri oleh dewan-dewan juri yang dalam acara ini disebut dengan ‘The Dragons’. Para “naga-naga” dewan juri ini terdiri dari tokoh-tokoh berpengaruh dari industri terkait seperti Nicko Widjaja (CEO Systec Group) dan Wempy Dyocta Koto (CEO Wardour & Oxford). Adapun “dragons” lainnya yang didaulat menjadi dewan juri perhelatan nasionalnya datang dari nama-nama besar seperti Ciputra, Mooryati Soedibyo, Rahmat Gobel, serta Sandiaga Uno.

Dari perhelatan akhir tersebut, dua dari delapan pengusaha yang berhasil “mengambil hati” para dewan juri tersebut akan berhak untuk diterbangkan ke Belanda untuk berlaga dalam event akbar Get In The Ring pada tanggal 18-23 November 2013.

Di dalam pekan wirausaha kreatif yang bertajuk “Festival Wirausaha Indonesia” ini akan dilaksanakan pula acara pendukung yang memberikan waktu dan tempat bagi peserta untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, seperti:

  • Digi Expo: Ruang Interaksi untuk 10 perusahaan berbasis teknologi (Gaming, Apps, Web) terpilih mengekspos produknya dan memberikan tempat bagi peserta untuk mendapatkan pengalaman atas produk-produk tersebut.
  • 100 Accelerators: Workshop dengan kurun waktu 3 hari bagi para startup untuk berbagi pengetahuan seputar Hak Intelektual, Investasi, Keuangan, Pengembangan Produk, Branding, Marketing, Sales, dan Manajemen.
  • Trade Expo: Booth yang disediakan agar para startup dapat mengekspos produknya.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti gelaran yang terselenggara berkat kerjasama antara 100Preneur, Erasmus Centre for Entrepreneurship dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini Anda dapat kunjungi link ini untuk info lebih lanjut.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again