20 April 2016

by Glenn Kaonang

Gitar Ini Diklaim Sebagai yang Paling Mudah untuk Dimainkan

Pengguna tak perlu menghafalkan kunci gitar, tekan saja tombol yang tepat

Agar bisa jago bermain Guitar Hero, tentu saja Anda tak perlu menguasai gitar sungguhan terlebih dulu. Sebaliknya, setelah jadi raja Guitar Hero, bukan berarti Anda bisa langsung jadi gitaris profesional begitu saja tanpa berlatih secara intensif.

Namun gitar yang satu ini tidak demikian. Ia menjamin penggunanya tidak perlu belajar banyak terlebih dulu untuk bisa bermain musik dengannya. Namanya MI Guitar, dibuat oleh sebuah startup bernama Magic Instruments.

Letak kesulitan utama gitar sebagai alat musik adalah bagaimana kita harus mempelajari sederet kuncinya. Maka dari itu, Magic Instruments pun mengganti semuanya dengan deretan tombol. Satu tombol untuk satu kunci, sederhana sekali.

MI Guitar gantikan kunci-kunci yang kompleks dengan sederet tombol / Magic Instruments

Pada bagian bodinya terpasang enam senar, bisa dipetik atau digenjreng menggunakan jari maupun pick. Senar ini sanggup memberikan kesan tactile seperti gitar sungguhan, akan tetapi mereka sama sekali tak perlu di-tune.

Magic Instruments turut menyertakan sebuah aplikasi pendamping yang akan menuntun pengguna dalam bermain musik. Pengguna bisa memilih lagu yang hendak dimainkan, maka aplikasi akan menampilkan tombol-tombol mana saja yang harus ditekan, menggantikan tabulasi kunci gitar pada umumnya.

MI Guitar dibekali speaker terintegrasi sehingga suara akan langsung keluar setelah senar Anda petik. Hadir pula jack audio standar sehingga pengguna bisa menancapkan headphone, dan saat diperlukan, ia pun siap dicolokkan ke amplifier gitar standar.

MI Guitar dilengkapi indikator lengkap untuk makin memudahkan pengguna / Magic Instruments

Empat buah kenop putar menghiasi bagian bodinya layaknya sebuah gitar elektrik. Fungsi masing-masing kenop tentu berbeda; satu untuk mengatur volume, satu untuk menyesuaikan keseimbangan bass dan treble, satu untuk memilih jenis suara gitar, dan yang terakhir untuk menambahkan efek digital macam reverb dan sebagainya.

Secara keseluruhan, penawaran Magic Instruments ini akan terdengar sangat menarik bagi konsumen yang tak bisa memainkan gitar, tapi ingin bisa menjadi pengiring lagu secara instan. Satu hal yang amat disayangkan, sejauh ini kampanye Indiegogo-nya hanya melayani pengiriman ke AS saja, dengan harga $329.

Via: TechCrunch.