Gole1 Ialah Mini PC Berlayar Sentuh 5 Inci dan Ber-OS Ganda

Bisa digunakan seperti tablet atau disambungkan ke monitor/layar via HDMI

Mini PC seperti Intel Compute Stick sangatlah menarik karena pengguna pada dasarnya bisa mengakses komputer di mana saja ada monitor atau TV dengan koneksi HDMI. Namun ketika tidak ada layar menganggur, Compute Stick pun tidak bisa apa-apa.

Tidak demikian dengan Gole1. Perangkat buatan Tiongkok ini memang punya ukuran yang jauh lebih besar ketimbang Compute Stick, tapi toh masih sangat mudah dibawa-bawa mengingat dimensinya lebih kecil ketimbang mayoritas tablet. Bobotnya juga ringan, sekitar 200 gram saja, dengan tebal bodi 2 cm.

Akan tetapi ukuran yang lebih besar daripada Compute Stick berarti Gole1 bisa mengemas sebuah layar sentuh 5 inci beresolusi 1280 x 720 pixel. Dengan demikian, di saat tidak ada monitor atau TV yang bisa dipakai, Gole1 masih bisa digunakan layaknya PC Windows biasa via layar sentuhnya.

Aksesori Gole1 ini merupakan adapter HDD atau SSD yang menancap via magnet di bagian bawah / Indiegogo

Spesifikasinya cukup lumayan, mencakup prosesor quad-core Intel Cherry Trail Z8300, RAM DDR3 2 GB atau 4 GB, serta pilihan storage internal 32 GB atau 64 GB yang semuanya disimpan dalam bodi aluminium. Seandainya masih kurang, pengguna bisa menyelipkan kartu microSD dengan kapasitas hingga 64 GB.

Masih saja kurang? Well, Gole1 juga menghadirkan aksesori berupa adapter untuk HDD atau SSD berukuran 2,5 inci. Adapter ini menancap pada bagian bawah Gole1 via magnet, seketika itu pula memperluas kapasitas penyimpanannya secara drastis.

Gole1 mengusung konektivitas yang amat lengkap jika mempertimbangkan ukurannya / Indiegogo

Di samping port HDMI, Gole1 juga mengusung tiga port USB 2.0 dan satu port USB 3.0. Bluetooth, Wi-Fi, semuanya tersedia, termasuk halnya port Ethernet. Baterainya sendiri memiliki kapasitas 2.600 mAh, setara 2 jam pemakaian, namun pengguna juga bisa menyambungkannya ke power bank jika diperlukan.

Menarik juga untuk diketahui bahwa Gole1 menjalankan sistem operasi ganda, yaitu Windows 10 Home dan Android 5.1. Terdapat shortcut untuk berganti OS pada masing-masing OS yang dijalankan saat itu.

Bagi yang tertarik, saat ini Gole1 bisa dipesan melalui situs crowdfundingIndiegogo. Harga termurah untuk varian RAM 2 GB dan storage 32 GB adalah $79, sedangkan varian 4 GB dan storage 64 GB seharga $119.