1. Lifestyle

Good Old Games: Game Tidak Jalan, 30 Hari Garansi Uang Kembali

Berbagai cara dipikirkan oleh developer untuk tidak menantang langsung dominasi Steam, dan Good Old Games (GOG) tampaknya berada di jalan yang tepat. Platform distribusi digital yang dirancang oleh pencipta The Witcher ini mulai mencoba cara lain yang belum pernah terpikirkan oleh rival raksasanya itu untuk memuaskan pelanggan. Dan sepertinya mereka menemukan satu 'fitur' baru lagi.

Hari ini GOG mengumumkan kebijakan baru pada tiap game yang dijual di sana. Jika game yang Anda beli tidak bisa dimainkan di komputer walaupun sudah memenuhi kebutuhan sistem hardware, Anda berhak mendapatkan uang kembali tanpa potongan. Tentu saja sebelum itu tim GOG akan berusaha mencari solusi terbaik, tetapi jika hal itu tetap terjadi, maka pengembalian uang akan dilakukan dalam waktu maksimal 30 hari setelah pembelian.

Sebelum merilisnya di platform mereka, tim Good Old Games telah menguji coba game-game yang ada di 'lab' mereka untuk menghindari hal-hal seperti ini terjadi, serta memastikan permainan-permainan berjalan di seluruh jenis PC. Tapi tentu saja kemungkinan game tidak berjalan tetap saja ada walaupun persentasenya sangat kecil.

Yang lebih menarik adalah jika konsumen salah membeli game, atau ternyata permainan tersebut sudah dimiliki sebelumnya, kita juga bisa mendapatkan uang kembali hingga 14 hari setelah pembelian. Tentu saja dengan syarat Anda belum mengunduh game itu. Ingat, Anda harus membayar apa yang sudah Anda mainkan.

Layanan Good Old Games pertama kali diluncurkan bulan Agustus 2008. Berbeda dengan Steam yang dipenuhi judul-judul game terbaru baik indie, akses versi alpha ataupun blockbuster AAA, GOG menyajikan berbagai pilihan game klasik 'tua' yang kita pikir tidak bisa lagi dijalankan di PC dan sistem operasi terbaru.

Kompatibilitas inilah yang menjadi senjata terkuat GOG. Anda bisa menemukan judul-judul legendaris seperti Fallout 2 hingga Wing Commander. Setelah cengkramannya kuat di dunia distribusi digital, GOG juga akhirnya menjual game-game yang tidak terlalu 'old' seperti Trine 2 dan Speedball 2 HD. Bahkan Anda bisa membeli The Witcher dan The Witcher 2 di sana, dan rencananya The Witcher 3: Wild Hunt juga akan dirilis di GOG.

Game-game klasik tersebut biasanya ditawarkan dengan harga yang sangat murah, mulai US5,99 hingga US$ 9,99, tetapi ada beberapa game independen yang hanya dijual seharga US$ 2,99. The Witcher 2: Assassins of Kings sendiri dibanderol US$ 19,99. Janji anak perusahaan CD Projekt Red ini tetap sama dan tidak berubah: semua game disajikan tanpa DRM!

Via GOG.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again