1. Startup

Google Adakan Google Science Fair, Kompetisi Sains untuk Pelajar Sedunia

Untuk ketiga kalinya, Google mengadakan kompetisi tahunan Google Science Fair. Kompetisi ini merupakan ajang persaingan inovasi sains untuk pelajar usia 13 hingga 18 tahun di seluruh dunia. Tahun lalu, Britanny Miller yang berusia 17 tahun menjadi Grand Winner Google Science Fair dengan proyek Global Neural Network Cloud Service for Breast Service. Apakah tahun ini ada pelajar dari Indonesia yang bisa menjadi salah satu pemenangnya?

Bagaimana caranya untuk mengikuti kompetisi ini? Berikut adalah beberapa informasi penting bagi yang ingin mengikuti kompetisi Science Fair:

  • Siswa dapat mendaftar dalam kompetisi ini dalam 13 bahasa.
  • Batas waktu pengiriman adalah tanggal 30 April 2013 pada 11:59 PDT (waktu Pasifik - sama dengan waktu San Francisco).
  • Pada bulan Juni, Google akan memilih 90 finalis regional (30 dari Amerika, 30 dari Asia Pasifik dan 30 dari Eropa/Timur Tengah/Afrika).
  • Tim juri kemudian akan memilih 15 finalis, yang akan diterbangkan ke markas Google di Mountain View, California untuk mengikuti acara final live kami, pada tanggal 23 September 2013.
  • Di sesi final, sebuah panel juri internasional yang terdiri dari ilmuwan terkemuka dan inovator teknologi akan memilih pemenang teratas di setiap kategori usia (13-14 tahun, 15-16 tahun, 17-18 tahun).  Satu akan terpilih sebagai pemenang Grand Prize.

Hadiah untuk Science Fair 2013 termasuk beasiswa sebesar US$50.000 dari Google, sebuah perjalanan ke Galapagos dengan ekspedisi National Geographic, pengalaman di CERN, Google atau the LEGO Group dan akses digital ke arsip Scientific American bagi sekolah pemenang selama satu tahun.  Scientific American juga akan menghadiahkan Science in Action prize sebesar US$50.000 untuk satu proyek ilmiah yang bisa membuat perbedaan praktis dengan mengatasi sebuah masalah sosial, lingkungan atau kesehatan. Selain itu tahun ini diperkenalkan dua hadiah baru, yaitu:

  • Pada bulan Agustus, masyarakat dunia akan memiliki kesempatan untuk melihat 15 finalis kompetisi melalui serangkaian Google+ Hangouts on Air dan bisa memilih penerima penghargaan Ide Terinspirasi (Inspired Idea Award) yang dipilih oleh masyarakat global untuk proyek dengan potensi terbesar untuk mengubah dunia.
  • Google juga menyadari bahwa di balik setiap siswa yang terinspirasi ada guru yang sabar dan sebuah sekolah yang mendukung. Tahun ini Google akan memberikan hibah tunai US$10.000 dari Google dan Google+ Hangout eksklusif dengan CERN ke sekolah pemenang Grand Prize.

Untuk menambah inspirasi, Gooogle menyediakan Hangouts on Air di akun Google+ Science Fair yang akan diadakan setiap hari Senin, Rabu dan Jumat dengan mengundang sejumlah ilmuwan ternama.

Sudah siap untuk mewujudkan proyek sainsnya untuk membawa dunia menjadi lebih baik? Silakan simak video pemenang Grand Prize Google Science Fair 2012:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again