Raksasa pencarian Google mengumumkan akuisisi terhadap situs pencarian produk dan pembanding gadget dan elektronik, Sparkbuy. Dengan nilai yang tidak disebutkan, akuisisi ini akan lebih berkaitan dengan pengambilan sumberdaya pegawainya. Hal ini terkonfirmasi seperti ditampilkan di halaman awal Sparkbuy. Tim di balik Sparkbuy tidak lagi menawarkan layanan melalui situsnya tersebut dan akan menghasilkan sesuatu bersama Google. TechCrunch mengasumsikan bahwa mereka akan ditarik untuk memperkuat Google Product Search.

Saya sayang sekali belum pernah mencobai Sparkbuy. Meskipun demikian dari sejumlah review, Sparkbuy memiliki kenyamanan untuk pencarian produk karena memiliki kriteria yang lugas dan jelas. Contohdi bawah yang diambil dari ReadWriteWeb menjelaskan keunggulan Sparkbuy. Ketika memilih pencarian notebook berdasarkan kriteria Murah (di bawah $1295), Mac dan Cepat (dengan rating setidaknya 4), dia akan menampilkan pencarian spesifik dengan tambahan nilai rating kecepatan, performa batere dan berat yang dimiliki. Hal-hal spesifik dengan lingo yang jelas bagi pecinta gadget.

Dengan cepat Sparkbuy mendapatkan popularitas. Didirikan oleh Dan Shapiro, Scott Haug dan Isaac Myers dan telah memperoleh pendanaan US$1 juta dari Benaroya Ventures dan Geoff Entress, Anda boleh tidak percaya bahwa Sparkbuy baru dibuka untuk umum per 29 Maret yang lalu -- setelah melalui fase closed beta sejak bulan Desember, itu berarti tidak sampai 2 bulan beroperasi secara publik dan Sparkbuy berhasil dilirik oleh perusahaan besar.

Buat saya ini merupakan pelajaran berharga bagi referensi startups di tanah air. Soal produknya sendiri, Sparkbuy punya keunggulan karena simpel, fungsional/informatif dan memiliki tampilan muka yang menarik. Tiga hal ini merupakan kunci keberhasilan kebanyakan startups. Berikutnya adalah karena cepat menarik perhatian pengguna, hal seperti ini juga cepat menarik perhatian investor atau perusahaan besar. Ambil contoh pula tentang Koprol yang tidak membutuhkan waktu lama untuk diakuisisi oleh Yahoo!. Di Indonesia sendiri situs pembanding macam Sparkbuy ini masih belum banyak. Ada Telunjuk yang juga memiliki pembanding soal notebook dan ponsel tapi dari sisi informasi dan kenyamanan penggunaan masih belum sebanding.

Google sendiri nampaknya sadar betul apa yang harus mereka lakukan dengan Sparkbuy. Cepatnya proses akuisisi ini menunjukkan bahwa mereka punya grand plan untuk tim ini menunjukkan kontribusinya dalam waktu dekat. Ini berbeda dengan sejumlah produk akuisisi macam Jaiku yang tidak jelas arahnya sehingga malah ditinggal penggunanya Saya sendiri yakin bahwa pengambilan sumberdaya ini akan menjadi sesuatu yang positif bagi sejumlah produk pencarian spesifik Google.

Menurut Anda, hal apa yang menarik soal pengakusisian ini?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again