Categories

Mobile

Google Assistant Berbahasa Indonesia Kini Tersedia untuk Android dan iOS

Google Assistant bisa dijumpai di aplikasi Google terbaru versi Android dan iOS

Bambang Winarso - 2 April 2018

Google tampaknya sedang menggeber adopsi Google Assistant di ekosistem mobile dan perangkat pintar. Setelah meluncurkan versi Go di platform Android dalam bentuk aplikasi mandiri Februari lalu, asisten virtual pintar yang disiapkan untuk menjegal Alexa-nya Amazon itu juga bakal mendukung 30 bahasa baru sebagai tambahan untuk delapan bahasa yang sudah ada, termasuk dijanjikan untuk bahasa Indonesia. Google Assistant juga mencuri perhatian di ajang MWC bulan lalu, di mana sejumlah perangkat pintar mengandalkan asisten pintar ini sebagai "penghuni"-nya.

Google sendiri menjadwalkan dukungan 30 bahasa tersebut akan tuntas seluruhnya pada akhir tahun 2018, tetapi Anda tak harus menunggu selama itu karena tepat di 1 April 2018 kemarin, Google secara resmi meluncurkan dukungan Google Assistant untuk bahasa Indonesia yang bisa dijumpai di aplikasi Google versi Android dan juga iOS.

Dalam rilis resminya, Google mengatakan bahwa dukungan baru ini hadir untuk pengguna perangkat Android yang sudah menjalankan minimal Android 5.0 Lollipop dan iOS 9.1 atau yang lebih baru.

Sekadar mengingatkan, Google Assistant ini adalah teknologi asisten virtual seperti halnya Siri dan Bixby, di mana ia mengandalkan mesin pembelajar yang mampu memahami konteks perintah suara. Dengannya, Anda dapat memberi perintah sederhana seperti membuat pesan singkat baru, membuat alarm, memutar musik, menelpon seseorang hingga perintah rumit yang penting bagi orang Indonesia misalnya menemukan resep nasi goreng, menerjemahkan bahasa Jawa atau membuat lelucon. Syaratnya, Anda harus mengubah bahasa default perangkat Anda ke bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa contoh pertanyaan yang bisa Anda tanyakan ke Google Assistant:

  • Sebutkan Pancasila
  • Pasang alarm jam 6 pagi
  • Kasih lelucon
  • Cari restoran Indonesia dekat sini
  • Ingetin aku beli jeruk nanti jam 6 sore
  • Bagaimana suara harimau?
  • Telepon ibu
  • Lihat resep nasi goreng
  • Berapa lama perjalanan ke Sentral Senayan?
  • Ada apa hari ini?
  • Putar musik Jazz di YouTube
  • Nyalakan wifi
  • Bacakan horoskop saya hari ini

Penulis sempat mencoba beberapa perintah di atas, dan hasilnya sangat memuaskan, hampir 100% perintah-perintah tersebut direspon dengan akurat. Bahkan, Google Assistant juga mampu melakukan perintah lanjutan untuk beberapa perintah di atas, misalnya ketika sudah membuat alarm di jam tertentu, Anda juga bisa meminta Google Assistant untuk membuka alarn dan melakukan tindakan lanjutan dari sana.

Berikutnya, saya juga mencoba meminta Google Assistant untuk memutar lagu Sheila on 7, dan menirukan suara harimua, hasilnya 100% akurat.

Seru, kan? Mulai sekarang, Anda bisa mengistirahatkan jari dan mulai menggunakan perintah suara untuk mengirim SMS, membuka aplikasi atau mencari informasi di internet.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter