Google dan UGM Bangun Mesin Text-to-Speech Bahasa Jawa

Merupakan bagian Project Unison, mengumpulkan kosa kata Bahasa Jawa untuk dimasukkan ke teknologi voice input dan text-to-speech Google

Google bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), khususnya Fakultas Ilmu Budaya (FIB), menyukseskan Project Unison untuk program Bahasa Jawa. Proyek ini menggunakan teknologi machine learning untuk membuat model text-to-speech untuk mengumpulkan rekaman tuturan Bahasa Jawa. Hal ini nantinya akan memudahkan orang Indonesia menggunakan produk Google dengan Bahasa Jawa, seperti memasukkan input pencarian di aplikasi buatan Google.

Selama beberapa Minggu ke depan, rekaman audio penutur Bahasa Jawa akan digabungkan guna membuat suara berbahasa Jawa di ponsel Android. Selain untuk kebutuhan voice input, proyek ini juga akan diimplementasikan untuk kebutuhan text-to-speech. Dengan demikian, lebih dari 80 juta penutur Bahasa Jawa akan dapat berinteraksi di ponsel cerdas untuk memudahkan pengguna mengembangkan budaya Jawa.

Data suara berbahasa Jawa, yang akan dikumpulkan dalam beberapa minggu ke depan, dapat diakses secara terbuka sehingga pengembang maupun peneliti di kampus-kampus di Indonesia nantinya dapat mengembangkan teknologi berbahasa Jawa sendiri.

Mulai awal Mei, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM akan menyediakan ruangan dan peserta pengumpulan data suara. Google juga akan bekerja sama dengan Universitas Reykjavik untuk Bahasa dengan Sumber Daya Terbatas dalam usaha untuk memasukkan lebih banyak bahasa ke online dan membuat alat yang tersedia melalui sumber terbuka (open source) untuk mendukung penelitian dan pengembangan.

Selama berada di UGM, peneliti Google akan mengajarkan pengembang lokal dan mahasiswa cara menggunakan teknologi dan data Google yang dapat diakses secara terbuka. Google juga mengajak banyak orang dari berbagai penjuru Indonesia untuk mengikuti lokakarya teknik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again