Berita

Google Indonesia Resmi Kenalkan Google App

Sebagai perusahaan teknologi raksasa, Google terus fokus meningkatkan cara masyarakat agar terus terhubung dengan informasi. Tidak heran jika mereka kerap mencoba menghadirkan beragam produk yang ditujukan untuk kemudahan pengguna langsung dari genggaman. Contohnya ada pada Google App. Walau telah cukup lama "bercokol" di perangkat smartphone, rupanya tak ada kata terlambat bagi Google Indonesia untuk memperkenalkan aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk tak hanya sekedar "bertanya pada Google", namun juga dapat menjadi kanal informasi yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Hari ini (16/9), Google App yang dahulu dinamakan dengan Google Search App resmi diperkenalkan oleh Google Indonesia. Tak hanya untuk menunjukkan pamor sebagai perusahaan internet terkemuka, kehadiran aplikasi ini diklaim merupakan jawaban Google atas kebutuhan pengguna di seluruh dunia termasuk Indonesia yang bergantung pada perangkat mobile pintar masa kini untuk mengakomodir kebutuhan sehari-hari.

Berkaitan dengan hal itu, Google App pun kini sudah berbahasa Indonesia dengan lokalisasi konten yang kian sempurna. Google sendiri menganggap Indonesia sebagai pasar yang sangat penting bagi mereka dan potensi yang dijanjikan dinilai sangat baik.

Secara singkat, Google App mampu memberikan jawaban untuk pengguna hanya dengan menekan ikon mikrofon di kotak penelusuran atau cukup mengucapkan “OK Google” langsung dari aplikasi. Pengguna dapat langsung bertanya dalam bahasa Indonesia dan mendapatkan jawaban instan. Untuk melengkapi hasil pencarian, Google juga menyajikan fitur "Knowledge Card" yang muncul di atas hasil pencarian saat pengguna memasukkan query seorang tokoh atau suatu tempat secara spesifik.

Segala informasi tersebut dikurasi dari database Google dengan nama Google Knowledge Graph. Database tersebut menyimpan 570 juta objek (tokoh, tempat, dan hal lain), serta 50 milyar informasi mengenai relevansi antar objek-objek tersebut. Angka ini tentu akan terus bertumbuh seiring pemanfaatan Google dan tren yang terjadi di luar sana.

“Kami (Google) tidak ingin sekedar menjadi ‘robot’ yang menjawab pertanyaan Anda, tetapi juga sebagai teman berbincang. Dengan algoritma yang telah dikembangkan, pengguna mampu bertanya secara kontekstual,” ujar Amy Kunrojpanya selaku Head of Communications & Public Affairs Indonesia and Greater Mekong Google.

Dalam presentasinya, Amy memberikan contoh pertanyaan “Who is Jokowi?”, lantas Google App akan menjawab informasi terkini tentang Joko Widodo. Pengguna dapat memasukkan query yang relevan dalam pertanyaan selanjutnya seperti “How old is he?” atau “Who is he married to?”, dan Google mampu menjawab itu semua dari sumber data yang dikumpulkan oleh Knowledge Graph.

Google App dapat diunduh di Google Play Store dan App Store. Atau kunjungi tautan berikut ini untuk melihat pedoman penggunaan Google App.

[foto: Dok. DailySocial]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter