Google Indonesia Tawarkan Solusi Adwords Express untuk Bantu UKM Jangkau Konsumen Baru

Adwords Express diklaim jauh lebih sederhana dan sudah dioptimalkan untuk pelaku UKM lokal

Google Indonesia tak henti-hentinya menyuarakan agar UKM mulai membawa bisnisnya ke ranah online. Sebelumnya, dalam program Google Bisnisku, Google Indonesia memasang target untuk meng-online-kan sekitar dua juta UKM hingga akhir tahun 2017. Kini, melalui solusi Adwords Express, Google Indonesia ingin membantu UKM agar dapat mengembangkan bisnisnya di ranah online.

Sebenarnya ada banyak skema dan alat milik Google yang dapat digunakan UKM untuk mengembangkan bisnisnya di ranah online seperti Google Bisnisku, Mobile Leadership Program, hingga Google for Work. Hari ini (17/3) giliran Adworks Express yang coba diperkenalkan Google ke pasar Indonesia untuk membantu pengembangan bisnis UKM, yang dikabarkan jumlah total pelakunya sudah mencapai lebih dari 50 juta.

Adwords Express adalah alat periklanan yang secara otomatis mengelola iklan online, tanpa perlu pengaturan tingkat lanjut, pengelolaan, atau tugas harian. Adwords Express adalah versi sederhana Adwords yang dirancang dan ditujukan untuk pelaku usaha lokal pemula dan tidak memiliki pengetahuan atau pengalaman khusus di bidang pemasaran daring.

Product Marketing Manager Small Medium Business Google Indonesia Mira Sumanti mengatakan, “Kalau mau ngomong singkatnya, Adwords Express itu solusi periklanan daring di Google yang mudah [digunakan] untuk UKM. […] Ini memang ditujukan untuk pasar UKM […] [dengan] tujuan untuk membantu para pengusaha lokal di berbagai kota untuk bisa beriklan dengan mudah di Google Search, Maps, dan situs rekanan kami.”

Cara kerja Adwords Express

Adwords Express saat ini sudah tersedia untuk perangkat mobile dengan platform iOS dan Android. Selain melalui aplikasi mobile, Adwords Express juga dapat diakses melalui peramban di desktop.

Untuk menggunakan layanan Adwords Express ini, pengguna perlu masuk dengan akun Gmail yang sudah terdaftar. Lebih baik lagi bila akun tersebut juga sudah digunakan untuk layanan Google Bisnisku, karena Adwords Express nantinya akan menggunakan informasi dari layanan Google Bisnisku tersebut.

Setelah mengisi informasi yang diperlukan untuk pemasangan iklan, pengguna dapat mengatur angaran sesuai kebutuhannya. Metode pembayaran yang diterima yakni melalui kartu kredit, kartu debit, dan transfer antar bank. Selain itu, pengguna juga dapat menentukan jangkauan pemirsa berdasarkan lokasi dan jarak yang memiliki jangkauan mulai dari 25 km hinga 65 km.

Untuk memperkenalkan layanan ini lebih jauh, Google juga berencana untuk mengadakan webminar melalui Google Hangouts minggu depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again