Categories

Gadget

Google Jamboard Adalah Papan Tulis Digital Berteknologi Cloud

Siap mengakomodasi kolaborasi secara real-time dan memudahkan sesi brainstorming dengan anggota tim yang sedang tidak berada di tempat

Glenn Kaonang - 26 October 2016

Internet dan cloud telah mengubah cara kita berkolaborasi dalam dunia kerja. Berkat layanan macam G Suite, tatap muka tak lagi diperlukan. Pun demikian, ada kalanya sesi brainstorming akan berlangsung lebih efektif ketika kita semua berkumpul dan mencantumkan ide-ide di atas papan tulis.

Papan tulis, yang benar saja? Tentunya bukan papan tulis biasa, melainkan yang telah terintegrasi dengan berbagai macam layanan cloud dan memudahkan kolaborasi secara real-time, bahkan dengan anggota tim yang harus menghadiri rapat dari tempat lain viavideo call. Itulah premis di balik Google Jamboard.

Perangkat ini pada dasarnya merupakan sebuah monitor 4K berukuran 55 inci. Seluruh bentang layarnya merupakan panel sentuh, dimana ia bisa diperlakukan layaknya sebuah papan tulis digital. Untuk itu, Google pun telah membekali setiap unitnya dengan sepasang stylus dan penghapus, plus sebuah webcam, speaker dan Wi-Fi.

Kehadiran roda membuat Jamboard mudah dipindah dari satu ruang ke yang lain / Google

Ada banyak yang bisa dilakukan dengan Jamboard pada sesi brainstorming. Tiap-tiap anggota tim yang terhubung via aplikasi smartphone dan tablet dapat melontarkan idenya dengan mudah, bisa dalam bentuk gambar atau konten lain dari hasil pencarian web, atau bisa juga dokumen dari Google Docs maupun Drive.

Fitur esensial lain seperti sticky note maupun handwriting dan shape recognition turut tersedia. Dan yang lebih menarik lagi, semua ide yang dicantumkan akan tersimpan dalam Google Drive. Jadi meskipun rapat telah usai, Anda masih bisa melanjutkan sesi brainstorm sendiri.

Menurut Google, harmonisasi hardware dan software yang apik pada Jamboard juga didasari oleh masukan dari perusahaan-perusahaan yang memang menggunakan layanan G Suite, Netflix dan Spotify contohnya. Soal hardware, Google memercayakan BenQ yang memang sudah berpengalaman memproduksi monitor.

Google Jamboard rencananya akan dipasarkan mulai tahun depan seharga $6.000. Google juga membuka Early Adopter Program bagi tim pengguna G Suite yang tertarik dengan Jamboard.

Sumber: Google Blog.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter