Hanya beberapa hari setelah peluncuran aplikasi Team oleh Microsoft, Google ikut meluncurkan dua layanan baru yang juga diperuntukkan bagi kalangan pekerja. Pasar korporat tampaknya menjadi sasaran baru yang menggiurkan, Google mencatat bahwa separuh dari alur kerja di tahun 2020 akan dilakukan secara jarak jauh sehingga mereka beranggapan perlu mempersiapkan alat untuk membantu organisasi terhubung melalui video dan platform percakapan.

Dengan latar belakang itulah kemudian Google mengambil inisiatif memecah Hangout menjadi dua layanan baru, Hangouts Meet dan Hangouts Chat yang diharapkan mampu memberikan wadah bagi tim untuk tetap terhubung secara digital.

google-hangouts-meet-768x427

Hangouts Meet, seperti yang pernah kita bahas adalah layanan panggilan video untuk korporat. Dengannya perusahaan dapat mengatur pertemuan secara digital hingga 30 orang baik melalui desktop ataupun mobile. Layanan ini sudah berjalan beberapa hari yang lalu, tapi baru kali ini integrasi dengan G Suite.

Setelah terintegrasi, Hangouts Meet mempunyai fungsionalitas yang lebih luas seperti terhubung ke Google Calendar da juga email. Calendar akan membantu pengguna mengatur jadwal pertemuan sekaligus membuat pengingat, atau bergabung ke pertemuan melalui tautan yang disediakan di Google Calendar.

Hangout Chat

Sedangkan Hangouts Chat, sesuai namanya lebih kepada platform percakapan berbentuk teks seperti halnya Slack. Platform ini sudah barang tentu berbeda dengan Hangouts yang selama ini Anda kenal, Hangouts Chat dirancang untuk pebisnis atau organisasi di mana mereka dapat terhubung, berkolaborasi dan mendistribusikan tugas-tugas perorangan ataupun kelompok. Sehingga fitur-fiturnya tidak cocok untuk pengguna perorangan

Sebagai tambahan, Hangouts Chat juga terintegrasi dengan aplikasi G Suite, memungkinkan pengguna memperoleh fungsi tambahan misalnya terhubung ke Asana, Zendesk, ProsperWorks dan juga penyimpanan awan Box. Masih jauh dari apa yang mampu dikerjakan oleh Slack, tapi ini adalah layanan baru, dan kita mungkin akan melihat banyak pengembangan di masa mendatang. Terlebih, Google membenamkan dukungan bot @meet yang mampu membantu menentukan waktu terbaik dengan merambahi jadwal di Google Calendar semua anggota.

Hanya saja untuk saat ini Hangouts Chat belum dapat diakses oleh semua orang, untuk mencicipinya Anda harus bergabung ke Early Adopted Program terlebih dahulu.

Sumber berita Google.